Daerah

Sejak Lama, Sisa Longsor di Bahu Jalan Nasional Dibiarkan

Pessel, Prokabar – Tumpukan sisa longsor di Jalan Lintas Nasional, Kenagarian Koto Taratak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), dibiarkan begitu saja alias belum disentuh.

Tumpukan sisa longsor tersebut, meresahkan pengendara dan warga. Sebab, tumpukan sisa longsor itu sudah lama tidak di bersihkan dan mengganggu akses jalan.

Pantauan Prokabar.com di lapangan, sisa longsor itu berupa batu dan tanah yang berada di bahu jalan, sisa longsor tersebut sejak satu bulan belakangan ini. Dan belum ada tanda-tanda pihak yang berwenang untuk membersihkan.

Jika dibiarkan begitu saja, maka akan mengganggu akses pengendara yang melintasi jalan itu. Karena jalan yang dilewati menjadi sempit.

“Kondisi seperti ini sudah lama sekali, seolah-olah hanya dibiarkan saja. Padahal tumpukan batu sudah memakan sebagian ruas bahu jalan. Jadi apabila kendaraan besar melintasi berlawanan arah akan berhenti dulu, karena jalan sempit,” kata warga setempat, Ilun (38) kepada Prokabar.com.

Dikatakan Ilun, selain jalan sempit, tumpukan batu dan tanah itu juga berada persis di tikungan tajam. Apabila dibiarkan seperti itu, bisa mengancam keselamatan pengendara.

“Kalau dibiarkan seperti ini terus. Bisa mengakibatkan kecelakaan, apalagi tumpukan batu pas di berada di tikungan tajam,” ujarnya dengan nada kesal.

Senada dikatakan Ilun, salah seorang pengendara roda empat, Amran (42) mengatakan, setiap kali melintasi jalan tersebut, dirinya sering terkejut dan nyaris terjadi kecelakaan.

“Apabila melintasi jalan itu, saya harus hat-hati, apalagi lewat pas berlawanan arah dengan kendaraan roda empat, sebab, selain di tikungan tajam, juga tidak ada rambu-rambu dan penerangan jalan,” ungkapnya.

“Kepada pihak terkait, secepatnya untuk membersihkan, jika dibiyarkan begitu saja, makan akan ada korban jiwa. Karena, sisah longsor itu sudah sejak lama hingga kini belum juga dibersihkan,” harapnya.(min)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top