Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Sehari Lagi Lebaran, Pemkab Pasaman Pastikan Tidak Menggelar Salat Ied

Dibaca : 172

Pasaman, Prokabar — Esok hari lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah. Di Pasaman, pemerintah setempat memastikan tidak bakal menggelar salat ied.

Ini dipertegas Kakan Kemenag Pasaman, Dedi Wandra. Bahkan, MUI Pasaman juga menyuarakan hal yang sama.

Meski pemerintah tidak ada menggelar shalat ied seperti tahun-tahun sebelumnya, MUI setempat memberi sedikit pengecualian.

“Jika panitia masjid atau mushalla bisa menjamin jamaah shalat ied hanya dihadiri oleh warga suatu permukiman yang tidak sedang dinyatakan ada warga yang terpapar virus covid-19, tidak bercampur dengan jamaah dari luar kawasan itu dan bersedia menyediakan alat cuci tangan, hand sanitizer dan memastikan setiap orang membawa sajadah sendiri maka pelaksanaan shalat ied diperbolehkan,” kata Ketua MUI setempat, Habibullah Nasution

Hal itu, lanjutnya, sebagaimana dituangkan dalam penjelasan atau bayan yang diterbitkan pihak MUI Sumatera Barat nomor 001/MU-SB/V/2020 tanggal 18 Mei 2020, yang mana jika terjadi situasi tidak adanya jaminan dari pihak pemerintah setempat tentang tidak meluasnya dampak penyebaran virus covid-19, maka dianjurkan agar masyarakat daerah itu tidak melaksanakan kegiatan berkumpul dalam jumlah yang banyak.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya dan mengingat kondisi masih tingginya kasus ketidakpatuhan terhadap anjuran dan larangan pemerintah dalam antisipasi penyebaran virus covid-19 di sejumlah titik permukiman penduduk, maka pihak pemerintah daerah memutuskan tidak bisa menjamin penyebaran virus itu tidak terjadi. Makanya Pemkab Pasaman meniadakan shalat ied bersama-sama seperti tahun sebelumnya di pelantaran halaman kantor bupati,” pungkasnya. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top