Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Sebulan Satlantas Polres Pasaman Tilang Ratusan Pengendara Pelanggar Lalu Lintas

Dibaca : 243

Pasaman, Prokabar — Tingkat kepatuhan pengendara di Pasaman, terutama pengendara roda dua, ternyata masih cukup memprihatinkan. Paling sering melanggar aturan itu, para pengendara usia muda atau pelajar. Dalam sebulan, setidaknya Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pasaman mencatat lebih dari 500 pengendara yang ditilang. Ini yang dilakukan petugas menekan angka pelanggaran.

Langkah paling efektif dilakukan Satlantas Polres Pasaman yakni penindakan tiada hentinya. Tidak saja kepada pelajar, kepada pengendara umum juga dilakukan. Hal ini diiringin dengan pemasangan baliho himbauan agar menaati aturan yang ada.

“Satlantas Polres Pasaman sangat ternama dengan keseringan petugas yang razia. Ya memang, itu demi keselamatan mereka pengendara juga. Hal unik tapi salah kaprah itu, para pengendara yang melanggar aturan, sangat takut polisi, dibanding takut mati saat kecelakaan yang berawal dari sebuah pelanggaran. Aneh kan. Kami tidak pandang bulu dalam menindak, asal salah terima surat tilang. Tak ada surat-surat, tahan kendaraan,” kata Kasatlantas Polres Pasaman, AKP Angga Putra Kristyadika, Sabtu (18/8).

Dilanjutkan Kanit Turjawali, Ipda. Yenni Brando, pelanggaran mayoritas terjadi mulai dari siang hari hingga sore. “Kalau di pagi hari mayoritas pengendara taat aturan. Saat ini, tindakan tilang di Pasaman telah memakai sistim online, dendanya langsung dibayar di bank,” kata Ipda Brando.

Diinformasikan, petugas memprioritaskan sembilan pelanggaran yang akan dikenakan sanksi yaitu, tidak menggunakan helm, menggunakan HP saat berkendara, berkendara dibawah umur, tidak memakai safety belt atau sabuk pengaman, melawan arus dan berboncengan lebih dari satu. Kemudian, pelanggaran Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (Apil) dan rambu–rambu lalu lintas seperti, menerobos lampu merah serta mabuk saat berkendara dan juga berkendara dalam kecepatan tinggi. “Makanya, kami polisi mengimbau seluruh pengendara agar tertib berlalu lintas untuk menghindari kecelakaan dan ditilang,” tutup Ipda Brando. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top