Wisata

Sawahlunto Resmi Jadi Unesco World Heritage

Padang, Prokabar – Kabar baik datang dari Azarbaijan. Dalam forum resmi, Unesco menetapkan Sawahlunto sebagai tambang batu bara ombilin warisan dunia. Sawahlunto sejajat dengan Borobudur, Prambanan dan banyak heritage bersejarah lainnya di dunia.

Dalam twitter resminya, Unesco mengumumkan pencapaian luar biasa itu.

“New Inscription in @Unesco #WorldHeritage list : Ombilin coal mining heritage of Sawahlunto, #Indonesia, congratulation,” sebut twitter resmi Unesco.

Penghargaan itu dihadiri langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. IP sudah beberapa hari di Azarbaijan, untuk mengikuti berbagai agenda. Salah satunya adalah sidang Unesco.

Sawahlunto merupakan salah satu kota dengan landmark unik. Kota peninggalan kolonial ini, masih berdiri gedung gedung megah. Dahulu, ketika batu bara masih berjaya, Sawahlunto adalah kota yang megah. Namun seiring dengan menipisnya jumlah batu bara di perut bumi. Kota ini berubah menjadi kota mati.

Tapi pemerintah dan masyarakat tidak kehilangan akal. Kota ink disulap menjadi kota tujuan wisata. Yang dijual adalah gedung gedung tua, dan bekas pabrik pengolagan batu bara. Maka kota ini hidup lagi. Cerita tentang kejayaan masa lalu, terlihat nyata dari diorama kota, yang banyak menyisakan cerita cerita bersejarah. (laf)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top