Daerah

Satwa Langka Binturung Masuk Perangkap Warga di Padang Pariaman

Padang Pariaman, Prokabar – Satwa langka jenis Binturung atau nama latinnya “Arctictis Binturong” masuk perankap Andre (20) dibelakang rumahnya Korong Tungka Kampuang Panyalai, Nagari Koto Baru, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (22/6). Binatang tersebut masuk dalam perangkap landak yang sering mengganggu ladang warga.

“Perangkap landak ini saya letakan di belakang rumah pada Jumat malam. Sabtu paginya, sebuah hewan sudah terperangkap dalam kerangkeng tersebut. Saya berharap landak tertangkap namun malah Binturung yang masuk,” ungkap Andre.

Kejadian tersebut diberitahukan kepada kakaknya Buyuang Tojo kemudian diamankan ke teras rumah lamanya. Ia takut kalau diletak tempat kalayak ramai, bias lepas dan keluar hingga kabur kembali ke hutan.

Wali Korong Tungka Kampuang Panyalai, Burmawi mengatakan, kita hanya menyerahkan kepada orang yang mempunyai perangkap, kalau dipelihara terserah atau diserahkan kepada BKSDA atau pihak kebun binatang.

“Kalau binatang itu dibawa oleh siapapun, tentu harus ada tanda terima atau uang jasa beli kandang. Yang jelas, kita dari korong menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat yang mendapat satwa langka tersebut,” pungkasnya. (rud)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top