Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Satuan Penegak Perda Masih Menemukan Pelanggar Protkes

Dibaca : 112

Tanah Datar, Prokabar – Para pelaku usaha yang kedapatan lebih dari sekali melanggar Protokol Kesehatan (Protkes) bakal dikenakan sanksi denda Rp500 ribu. Ketegasan itu diambil untuk menimalisir penularan Covid 19.

“Pelanggaran yang ditemui di lokasi usaha, masih adanya pengunjung memasuki lokasi usaha tanpa masker dan tidak memperhatikan aturan psycal distancing,” ujar Elfiardi, Kasi Penegakan Perda Satpol PP Tanah Datar.

Elfiardi melanjutkan, Razia Tim Gakkum Terpadu Provinsi Sumbar bersama Tim gabungan beberapa waktu lalu, seperti kamis (10/12) malam sejak pukul 20.00 hingga 22.30 Wib, dan Jumat (11/12) pagi sejak pukul 08.00 sampai 10.30 Wib, masih ditemukan sejumlah pelanggaran, abik oleh pelaku usaha maupun perseorangan.

Adapun objek sasaran operasi waktu itu seperti pelaku usaha dan orang probadi, di kawasan Jln Raya Batusangkar – Sungai Tarab dan di depan Pasar Batingkek Kota Batusangkar

“Untuk kasus perorangan, masih adanya sebagian kecil masyarakat belum terbiasa dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sebagaimana diamanatkan Perda Sumbar Nomor 6/2020. Sedangkan untuk pelaku usaha masih banyak yang belum menerapkan Protkes,” jelasnya.

Kepada pelaku usaha sebutnya, diberikan Surat Teguran dan dimasukkan ke Aplikasi Sipelada, sehingga apabila masih melanggar tempat usahanya bisa ditutup sementara atau dikenai denda administratif Rp500.000,” tegasnya.

Sedangkan kepada pelanggar personal diberikan sanksi kerja sosial berupa membersihakan fasilitas umum dengan memakai rompi bertuliskan “Pelanggar Protokol Kesehatan” sebanyak 73 orang dan sanksi denda sebanyak 5 orang.

Dengn masih adanya temuan pelanggar protkes, pihaknya akan terus gencar melakukan razia dalam bentuk operasi ke wilayah-wilayah yang tersebar di Tanah Datar. (vina)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top