Daerah

Satu Satunya di Sumbar. Bupati dan Wakil Bupati Diantar dan Ditunggu secara Adat

Dibaca : 719

 

Tanah Datar, Prokabar. Satu satunya di Sumatera Barat, Bupati dan Wakil Bupati yang hendak mengabdi kepada masyarakat terlebih dahulu diserahkan oleh ninik mamak mereka kepada Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM). Penyerahan ini dilakukan secara adat, yang mana biasanya digelar di kediaman dinas Bupati Tanah Datar, Indo Jolito.

 

Prosesi serupa juga dilakukan terhadap Bupati dan Wakil Bupati yang purna tugas. Mereka akan diserahkan kembali secara adat oleh LKAAM kepada ninik mamak.

Tekat menjadikan prosesi ini menjadi sebuah tradisi yang berkelansungan disuarakan oleh pencetusnya, LKAAM Tanah Datar. Bahkan, LKAAM juga mengusulkan  prosesi serupa dapat dilakukan terhadap Walinagari.

Abrar, Kadis Kominfo Tanah Datar mengatakan, jika tradisi penyerahan dan pengembalian secara adat merupakan rekomendasi dari LKAAM Tanah Datar. Tidak hanya kali ini, pada Bupati dan Wakil Bupati sebelumnya, alm. Irdinasyah Tarmizi dan Zuldafri Darma hal yang sama juga dilakukan.

” mengapa acara ini diselenggarakan, karena beliau adalah anak nagari, dari pesukuan masing masing. Beliau juga punya anak kemenakan, punya mamak dan datuak, pangulu,” ujar Abrar saat ditemui disela sela kegiatan.

Abrar melanjutkan, karena Bupati dan Wakil Bupati berasal dari sebuah komunitas kaum adat yang memiliki ninik mamak dan pangulu, maka secara otomatis ketika keduanya menjadi “pucuak undang” ditataran pemerintah, maka telah patut dilaksanakan kegiatan secara adat. Terlebih, Tanah Datar juga sebagai Luhak Nan Tuo di Alam Minangkabau.

Secara filosofi menurutnya, pelaksanaan penyerahan secara adat dapat dimaknai dengan mengantarkan dan menanti anak yang akan melakukan proses kepemimpinan sebagai pengambil kebijakan tertinggi di Kabupaten.

” wajar ini dilaksanakan dan dilestarikan, karena beliu secara otomatis “pucuak undang” di Kabupaten Tanah Datar yang dibawahi oleh Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau,” tutup Abrar.

Sebelumnya, kegiatan “Tibo Bananti, Datang Ba Anta”, Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar periode 2021 2026, Eka Putra dan Richi Aprian dilakukan melalui prosesi adat kepada Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Tanah Datar, Sabtu (27/2). Penyerahan ini dilakukan oleh masing masing masing ninik mamak Bupati dan Wakil Bupati, yakninya dari Lintau Sembilan Koto dan Nagari Rao Rao.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top