Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Sangkakala Selenggarakan Sekolah Agraria dan Lingkungan

Dibaca : 381

Padang, Prokabar — Untuk menyambut dan merayakan pergantian tahun 2019 ke 2020, Pusat Pengkajian Keadilan Agraria dan Lingkungan (SANGKAKALA) menyelenggarakan Sekolah Keadilan Agraria dan Lingkungan (SKALA) pada Selasa (31/12) dan Kamis (02/01) mulai pukul 09.30 – 12.00 WIB di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Andalas, Kota Padang.

Direktur SANGKAKALA, Virtuous Setyaka menjelaskan bahwa yang menjadi sumber dalam kegiatan kali ini adalah Guru Besar Sosiologi yang merupakan seorang Pakar Konflik Agraria sekaligus Peneliti Senior SANGKAKALA, Profesor Afrizal.

“Beliau menyampaikan dua materi dalam dua pertemuan tersebut, pertama tentang perspektif teoritik dan praktik keadilan agraria dan lingkungan. Kedua, metodologi riset atau penelitian tentang agraria dan lingkungan yang berguna untuk memperjuangkan dan mewujudkan keadilan agraria dan lingkungan.” ungkapnya melalui keterangan tertulis yang diterima, Selasa (31/12).

Lebih lanjut dirinya mengatakan, sosok Prof. Afrizal tidak hanya seorang ilmuwan atau akademisi yang dikenal di tingkat lokal dan nasional, namun juga tersohor di tingkat internasional. “Dulu (beliau) pernah bersekolah dan menamatkan studi doktoralnya di Australia, belum lama ini beliau juga mengajar di Belanda. Selain tentu saja berkolaborasi dengan para peneliti asing dari Australia, Belanda, pernah juga dari Amerika Serikat.” sambungnya.

Dalam SKALA kali ini, diikuti oleh sekitar 20 orang peserta yang berasal dari beragam profesi. Mereka diantaranya ada yang dosen dan mahasiswa S1, S2, dan S3, dari beragam kampus. Selain itu juga para aktivis dari beragam organisasi masyarakat sipil dan gerakan sosial, bahkan jurnalis dari berbagai media massa.

“SKALA adalah sebuah program kerja rutin atau reguler yang akan terus diselenggarakan oleh SANGKAKALA, selain Sekolah Agraria yang sebelumnya juga telah diselenggarkan dengan peserta para Aktivis dan Mahasiswa S1 di Kota Padang dan Jambi pada bulan kemarin, yang merupakan hasil kerja sama SANGKAKALA dengan Geostrategy Study Club (GSC) Indonesia dan kabarkampus.com.” terangnya.

Program-program tersebut melengkapi program kerja riset/penelitian/kajian agraria dan lingkungan SANGKAKALA baik secara mandiri maupun berkolaborasi dengan lembaga lain. Diantara yang pernah diselenggarakan adalah dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang pada pertengahan tahun 2019 lalu.

“Semua program kerja yang telah, sedang, dan akan terus diselenggarakan oleh SANGKAKALA dalam berbagai bentuk adalah upaya-upaya yang dilakukan para akademisi di dalamnya untuk berkontribusi dalam mewujudkan keadilan agraria dan lingkungan di negeri ini.” ungkapnya.

Dirinya berharap di tahun-tahun berikutnya, akan terus ada program kerja lainnya baik yang diselenggarakan secara mandiri maupun bekerja sama dengan berbagai pihak.

“SANGKAKALA yang didirikan pada akhir Maret 2019 ini, didedikasikan untuk kejayaan bangsa dan generasi Indonesia di masa datang.” ungkapnya.

Sementara itu Koordinator SKALA, Didi Rahmadi MA menyatakan bahwa sebelum SKALA dan sesudah Sekolah Agraria, SANGKAKALA juga bekerja sama dengan FISIP Unand dan Dewan Pimpinan Wilayah Serikat Petani Indonesia (DPW SPI) Sumatera Barat pada pertengahan Desember 2019 ini menyelenggarakan Seminar Nasional Satu Tahun United Nations Declaration Rights of Peasant and Other People Working in Rural Areas (UNDROP). (*/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top