Daerah

Sampah Berpacu Tinggi Dengan Lapak Pedagang, Ini yang Dilakukan Dinas Perdagangan Pasaman

Dibaca : 583

Pasaman, Prokabar — Polemik berpacu tinggi antara sampah dengan lapak pedagang di Pasar Inpres Tapus, Kecamatan Padang Gelugur mulai tampak titik terang. Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Peindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Pasaman, Ishak langsung turun tangan. Ia menjelaskan, usulan dari pedagang untuk proses pemindahan titik kumpul sampah yang kini berada berdekatan dengan lapak pedagang, sedang dibicarakan pihak dinas.

“Sedang kami bahas langsung bersama kasi, tadi. Kemana titik kumpul ini mau dipindahkan. Jika berbicara lokasi baru, tentu tidak bisa sembarangan. Banyak faktor yang dibahas, lahan terutama sekali. Bila dipindahkan ke lokasi lain, ditakutkan pedagang di lokasi lain ini pula yang marah. Untuk itu, kami benar-benar membahasnya lebih jauh. Agar semua masalah terselesaikan, tanpa menimbulkan masalah baru. Pedagang mohon bersabar, kalau ada usulan lokasi, beri usulan itu pada kami,” kata Ishak.

Di sisi lain, dinilai Ishak, lokasi titik kumpul sampah yang kini, memang berada di sekitaran areal lapak para pedagang. Namun, sebenarnya, lokasi ini aman, jika pedagang membuang sampah pada tempatnya, dan pengangkutan sampah oleh petugas pengangkut sampah, tepat waktu.

“Yang terjadi banyak faktor errornya. Masyarakat tidak membaung sampah dalam bak sampah yang disediakan, sehingga sampah berserakan ke dekat pelapak. Kedua, proses penjemputan sampah untuk dibuang ke TPA kadang terkendala. Misalnya saja, tadi saya sudah bertemu juga dengan Kabid Perumahan Rakyat, Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Budi Cendekia Putra membicarakan proses pengangkutan sampah yang sudah menumpuk dua hari ini. Alhamdulillah semua kembali lancar,” kata Ishak.

Di sisi lain, Budi Cendikia Putra mengaku, sebagai pimpinan pasukan kuning, pihaknya sangat mengutamakan proses pembuangan tepat waktu dan cepat. Hanya saja, armada dan cuaca kadang tidak mendukung.

“Contoh dalam kasus ini, dua unit mobil truck sampah yang kita terjunkan untuk proses pembuangan sampah masyarakat dan pasar di bagian Padang Gelugur sekitarnya dalam keadaan rusak dua hari lalu. Tentunya diperbaiki. Alhamdulillah, tadi sudah baik dan kembali dilakukan pengangkatan sampah di Pasar Tapus,” kata Budi.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top