Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Salat IdulAdha di Tanah Datar Terapkan Protokol Kesehatan

Dibaca : 955

Tanah Datar, Prokabar — Ratusan bahkan ribuan warga Kota Batusangkar memadati lapangan sepak bola Gumarang untuk melaksanakan salat idul adha 1441 H, jumat (31/7). Selain masyarakat, salat hari raya qurban ini juga diikuti forkopimda dilingkungan Pemkab Tanah Datar.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma mengatakan jika dipilihnya lapangan Gumarang sebagai lokasi pelaksanaan salat Idul Adha 1441 H karena berbagai pertimbangan. Sebelumnya, pelaksanaan salat Id akan diselenggarakan di Lapangan Cindua Mato Batusangkar namun akhirnya dipindahkan.

” biasanya kita salat di lapangan Cindua Mato, oleh karena itu melalui berbagai pertimbangan, kajian sesuai dengan kondisi terkini kita salat idul adha ditengah pandemi Covid 19, dari sisi lain salat kita laksanakan dengan menegakkan kepatuhan, kedisiplinan , dengan mengikuti protokol kesehatan. Oleh karena itu, dalam menegakan protokol kesehatan itu yang paling efektif dalam pengontrolan, pengecekan terhadap kita jamaah, jauh lebih memudahkan lapangan gumarang,” ungkap Wabup dihadapan jemaah.

Memang, para jemaah sebelum memasuki lapangan Gumarang sebagai lokasi salat mesti melalui pengecekan suhu tubuh. Selain itu, bagi jemaah yang tidak bermasker, panitia juga menyediakan masker yang diberikan secara cuma cuma. Sebelum pintu masuk lokasi salat, panitia juga menyediakan tempat cuci tangan.

Saat salat Idul Adha, jemaah mesti menerapkan social distancing, yang sebelumnya telah diatur oleh paniti pelaksana. Jemaah juga membawa sejadah sendiri meski panitia menyediakan tikar sebagai alas tempat duduk. Hal ini dilakukan tak lain sebagai antisipasi penyebaran Covid 19 terhadap jemaah salat Idul Adha. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top