Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Daerah

Sah, UPTD BBI Milik Pemrov Sumbar, Kini Milik Pemkab Pasaman

Pasaman, Prokabar — Pernah dikelola Pemprov Sumbar, Balai Benih Ikan (BBI) Beringin Rao di Kecamatan Rao Selatan, akhirnya sah dikelola Pemkab Pasaman. Tidak saja itu, fasilitas lainnya berupa Kolam Pembesaran Ikan (KPI) juga didapati dikelola 100 persen Pemkab Pasaman.

Senang ria Pemkab Pasaman atas hal ini, sebab UPTD ini sangat bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat.

Diakui Bupati Pasaman Yusuf Lubis, BBI Beringin Rao dan KPI Limau Asam ini dahulunya milik Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Namun, seiring dengan adanya Undang-undang nomor 23 tentang kewenangan perikanan budidaya air tawar menjadi kewenangan pemerintah kabupaten atau kota, maka BBI dan KPI terhitung sejak tanggal 12 November kemaren, menjadi hak milik Pemkab Pasaman.

“Kita targetkan dengan adanya dua UPTD ini untuk mempercepat perkembangan usaha perikanan di Pasaman,”kata Yusuf Lubis saat meresmikan operasional UPTD ini, Kamis (3/10).

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Pasaman, M. Dwi Richie JP menyebutkan, UPTD tersebut terletak di dua lokasi dengan luas sekitar 7,6 hektar.

“Untuk BBI Beringin Rao seluas 3,7 hektar dangan jumlah kolam ikan sebanyak 38 unit. Kemudian untuk KPI Limau Asam seluas 3,9 hektar dengan jumlah kolam 6 unit. Selain kolam terdapat juga gedung kantor, rumah dinas, gudang pembuatan pakan ikan, laboratorium, ruang packing, dan hatchery,” kata M. Dwi.

Di BBI Beringin Rao itu kata dia sudah ditempatkan empat orang pegawai sebagai pengelola program Dinas Perikanan tersebut.

“Tempat ini sudah dijadikan sebuah Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) BBI Beringin Rao yang ditopang oleh seorang kepala yang berstatus PNS. Saat ini dari empat orang itu dua diantaranya masih pegawai kontrak. Mereka ditugaskan untuk merumuskan program dan rencana kegiatan BBI. Kemudian memproduksi benih ikan dan induk ikan unggul, serta menyiapkan sarana dan prasarana operasional BBI,” tukas M. Dwi. (Ola)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top