Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Sadar Wisata, Nagari Andaleh Gelar Lomba Jorong Terindah

Dibaca : 327

Tanah Datar, Prokabar – Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Tanah Datar dan Gabungan Pengusaha Industri Pariwisata (GIPI) Sumatera Barat melakukan penilaian Lomba Jorong terindah, di Nagari Andaleh Kecamatan Batipuh, Kamis (7/1).

Efrison, SE Kabid Pariwisata Tanah Datar yang mewakili Dinas Parpora Kabupaten Tanah Datar yang sekaligus menjadi juri Lomba Jorong Terindah ini mengapresiasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Andaleh nagari Bungo sebagai panitia. Pasalnya, melalui lomba ini akan menggali dan mengembangkan potensi Nagari Andaleh Kecamatan Batipuh.

Dijelaskan Efrison, Nagari Andaleh Kecamatan Batipuh sudah terkenal dengan berbagai potensinya, seperti daerah penghasil Bunga, sehingga dijuluki sebagai Nagari Bunga. Di Andaleh juga terdapat pohon langka yang sudah berumur ratusan tahun dengan ukuran dekapan delapan orang dewasa dengan tinggi sekitar 15 meter.

“Dengan adanya lomba ini Image Nagari Andaleh sebagai nagari wisata akan semakin populer dan akan memotivasi masyarakat untuk turut serta dalam pengembangan pariwisata nagari Andaleh,” ungkap Efrison.

Empat Jorong yang berada Nagari Andaleh telah menggali dan menampilkan berbagai kelebihan dan pesonanya untuk dinilai tim juri. Jorong Subarang menampilkan pesona keindahan alam dengan latar belakang areal pertanian dan danau Singkarak. Jorong Batu Kadurang menampilkan Rest Area dan legenda Batu Kadurang yang menurut cerita yang berkembang ditengah masyarakat berasal dari manusia yang menjadi batu,

sementara Jorong Koto Gantiang menampilkan potensi wisata air dan berbagai aneka bunga hias masyarakat. Sedangkan, Jorong Jirek yang menampilkan View Danau Singkarak dengan pohon beringin raksasanya.

Sementara itu B. Sutan Bagindo Ketua Pokdarwis Andaleh Nagari Bungo mengatakan, Lomba One Jorong, One Destination bertujuan untuk menggali potensi wisata disetiap jorong di nagari Andaleh. Nantinya, juha akan dibuat paket wisata Dua hari semalam di Andaleh.

“Pengumanan pemenang dan penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada Sabtu, 9 Januari 2021 pada acara malam Apresiasi nagari Andaleh,” ungkap B. Sutan Bagindo Ahmad Sauri.

Sementara itu, Walinagari Andaleh memgungkapkan dengan berbagai potensi yang dimiliki Nagari Andaleh, ia ingin menjadikan Nagari andaleh sebagai nagari wisata andalan Kabupaten Tanah Datar, sehingga nantinya wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Tanah Datar harus singgah ke Nagari Andaleh.

“Untuk mendukung nagari Andaleh sebagai nagari Wisata, pada tahun 202i juga sedang dirancang kalender event wisata Parade bunga hias di nagari Andaleh,” ujarnya.

Nova Hendria, Anggota DPRD Tanah Datar yang sangat peduli akan pengembangan pariwisata Nagari Andaleh, pada tahun 2012 telah memberikan dana pokirnya sebesar Rp. 250 juta untuk pengembangan pariwisata Nagari Andaleh yaitu untuk penyusunan Master Plan pengembangan pariwisata Nagari Andaleh, pelaksanaan Focus Group Discusion dan peningkatan SDM Pokdarwis Nagari Andaleh. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top