Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Sadar Aturan, PKL di Mongonsidi Bongkar Lapaknya Sendiri

Dibaca : 409

Padang, Prokabar — Sejumlah PKL yang biasanya menggunakan fasum di ruas jalan Mongonsidi, Belakang Tansi, Padang membongkar lapak miliknya, Jumat (11/9).

Pembongkaran dilakukan atas inisiatif dan kesadaran sendiri, setelah dilakukan beberapa kali pendekatan persuasif. Proses pembongkaran juga dibantu oleh pihak Kelurahan Belakang Tangsi (Beta) dan Kecamatan Padang Barat.

Lurah Beta, Diko Riva Utama mengatakan bahwa ini sebagai langkah menertibkan dan membebaskan trotoar dari bangunan maupun lapak, agar trotoar kembali kepada fungsinya, serta menjadikan Kota Padang semakin rapi dan bersih.

Dirinya juga memuji pedagang yang sudah bersedia secara sukarela membongkar sendiri lapak miliknya.

“Ini merupakan contoh yang baik, karena demi mendukung kelancaran to gram pemerintah memang juga dibutuhkan kesadaran dari pedagang,” ungkapnya pada Prokabar.

Lebih lanjut, ia menambahkan, untuk membangun kesadaran tersebut, sejumlah upaya persuasif dan edukasi dilakukan cukup intens, baik melalui imbauan maupun teguran.

Selain itu upaya ini juga didukung oleh tokoh masyarakat, ini terlihat masyarakat juga ikut terlibat membantu proses pembongkaran hingga menyediakan kendaraan guna memindahkan barang-barang milik PKL.

Selanjutnya menurut Diko, pihaknya akan berupaya membina pedagang tersebut melalui TP UMKM agar bisa memilik keahlian demi menopang perekonomian keluarga.

Salah seorang PKL, Syaf mengatakan timbulnya kesadaran tersebut karena pendekatan secara kekeluargaan yang dilakukan pihak kelurahan.

“Selama ini saya sudah sering mendapat surat teguran, tapi tak pernah saya gubris. Namun sejak sering diajak berdiskusi langsung oleh pak lurah, akhirnya saya bersama istri sepakat untuk membongkar sendiri lapak ini,” ujar Syaf. (hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top