Daerah

Rusak Dihondoh Batang Ombilin, Kincia Kamba Tigo Bakal Dibangun Ulang

Dibaca : 192

 

Tanah Datar, Prokabar- Sempat rusak karena dihondoh batang ombilin, kincia kamba tigo yang terletak di Kenagarian Simawang, Rambatan, Tanah Datar akan dibagun kembali. Pembangunan tersebut telah memasuki tahap survey lokasi dan perencanaan.

Kabid Pariwisata Dipasrpora Tanah Datar Datar, Efrison menjelaskan, jika pembangunan terhadap destinasi wisata yang dulu dikenal karena viral itu, dibangun melalui dana pokok pikiran Ali Muhar, salah seorang anggota DPRD Tanah Datar. Setidaknya, sumber dana tersebut bakal mengalokasikan biaya pembangunan sebesar Rp.100 juta.

” kita sudah bawa perencana kesana. biar dia menghitung dulu (biaya) pembangunanya. itu akan dibangun kembali oleh Pemkab, melalui dana pokir bapak Ali Muhar,” ungkapnya saat dihubungi melalui sambungan telpon.

Ia melanjutkan, jika penghitungan terhadap biaya pembangunan tersebut diperkirakan akan selesai dalam waktu dekat ini.

” sudah perencanaan, ditunjuk pelaksana. Paling lambat dua bulan lagi sudah mulai dikerjakan,” lanjut Efrison.

Katanya, pembangunan kembali kincia kamba tigo ini disambut baik oleh masyarakat setempat. Pasalnya, masyarakat telah merasakan banyaknya mamfaat dari keberadaan kincia kamba tigo.

” ekonomi meningkat, terbukanya lapangan kerja, pemuda bisa mengelola parkir, banyak pendapatan dari sana, dan itu sangat dirasakan oleh masyarakat. Kini masyarakat sangat mengharapkan bisa dibangun kembali,” ujarnya lagi.

Dengan terbatasanya anggaran, pihaknya untuk saat ini baru mengalokasikan untuk pembangunan ulang kincia kamba tigo saja. Tidak menutup kemungkinan, penganggaran kembali akan dilakukan ditahun akan datang.

” kalau akses jalan saya liat sudah bagus. Ada jalan dibuat oleh masyarakat, jalan nagari. Mungkin nanti ak dilengkapi faktor pendukungnya, seperti toile dan lainnya,” tutupnya. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top