Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Rudi Hariansyah Bicara Prestasi dan Kesejahteraan Atlit

Dibaca : 129

Pesisir Selatan, Prokabar — Rudi Hariansyah jika terpilih menjadi Wakil Bupati, Pesisir Selatan (Pessel), dia akan berjanji mendorong agar kesejahteraan dan menjamin masa depan atlet di daerah ini.

Rudi Hariansyah Bakal Calon Wakil Bupati berpasangan dengan Rusma Yul Anwar Bakal Calon Bupati Pessel telah mendaftarkan diri di KPU pada Sabu (5/9) lalu.

“Saya sudah banyak ketemu dengan atlet di wilayah ini, mayoritas perhatian meraka sering diabaikan, saya berjanji akan mengupayakan kesejahteraan mereka, dan saya sudah berjanji di depan mereka, “ujarnya pada momen Hari Olehnya Nasional (Haornas).

Jika dirinya terpilih menjadi wakil bupati, dirinya akan melakukan perbaikan dan pembenahan di berbagai digelanggang olahraga khususnya kesejahteraan atlet, karena bagaimanapun juga mereka adalah pejuang daerah melalui kancah olahraga.

Namun demikian, yang harus diperhatikan para atlet ini bisa memenaj penghasilannya sebagai atlet saat masih aktif mulai dari bonus dan lainnya seperti untuk menata kehidupan dan ekonominya sehingga setelah pensiun nanti tetap sejahtera. Dan tidak kocar kacir memikirkan ekonomi untuk keluarga.

“Artinya jika mendapatkan bonus dikelola dengan baik untuk masa depan, apa itu pengembangan usahanya, ekonomi maupun karirnya,”ujarnya lagi.

“Bagaimana dalam meningkatkan kesejahteraan atlet, ini adalah tugas kami berdua jika terpilih nantinya memimpin Pessel yang akan datang.

Lebih jauh Rudi mengatakan, persoalan kesejahteraan atlet yang masih dianggap dimarginalkan adalah persoalan klasik.

“Makanya kami mengupayakan itu nanti atlit ini harus diperhatikan. Kami punya solusi bawah atlit ini nantinya akan ada beasiswa pendidikan atau kesehatan. Kami akan mencoba melakukan lobi dengan pihak swasta yang mumpuni soal ini.

Selain itu, kata Rudi, masing-masing cabang olahraga (cabor) untuk lebih melek dan merawat para atletnya. Tak ada salahnya jika masing-masing cabor bekerja sama dengan pihak asuransi, hal itu nanti akan disuport oleh dirinya jika dipercayai oleh masyarakat.

Menjadikan olahraga di daerah regional campaign (juara)

Menurut Rudi, mengharumkan nama darah Pesisir Selatan dibidang olahraga, pembinaan prestasi olahraga harus dikembangkan secara sistematis mulai dari usia dini, massal, berjenjang, sampai pada tingkat elit, untuk semua cabang olahraga.

Cabor olahraga merupakan puncak dari proses pembinaan artinya tempat pembinaan atlet-atlet Pesisir Selatan yang kita persiapkan untuk berprestasi pada tingkat Porprov bahkan tingkat nasional.

Kata Rudi, atlet datang dari proses pembinaan yang berjenjang melalui olahraga rekreasi, olahraga pendidikan di sekolah-sekolah, dan pembinaan yang intensif melalui klub-klub, serta pemusatan latihan pada tingkat regional di setiap cabang olahraga. Bakat alam harus diasah dengan metode latihan yang efektif, serta melakukan kompetisi yang berkesinambungan di semua tingkatan.

Bibit-bibit unggul usia dini di Pesisir Selatan membutuhkan tempat persemaian yang subur,  yaitu dukungan dari orang tua, sekolah, termasuk pesantren, klub-klub olahraga dan itu semua harus diberdayakan.

“Kami berdua menawarkan ujut olahraga sebagai gaya hidup ditengah masyarakat. Karena dengan olahraga hidup menjadi sehat, gembira,” ungkapnya.

“Kepada para orang tua, ajaklah dan dukunglah anak-anak kita untuk berolahraga. Kepada para  guru disekolah, jadikan olahraga sebagai bagian dari pembinaan karakter siswa. Pastikan ada guru olahraga yang kompeten di setiap sekolah dan madrasah. Jadikan kompetisi antar sekolah sebagai sarana pengembangan bibit olahraga usia dini dan remaja, “harapanya.

Di lingkungan kantor-kantor, nantinya jika terpilih menjadikan instansi pemerintah dan swasta, terus gelorakan olahraga pada hari tertentu.

Atlet Pesisir Selatan harus bersekolah untuk menjamin masa depan yang baik. Sekolah-sekolah khusus olahragawan perlu didorong.

Dimasa mendatang, jika dirinya terpilih memimpin Pesisir Selatan tidak ingin menjadikan atlet yang terlantar pada masa tuanya. Dirinya akan berusaha sekuat mungkin untuk memperjuangkan itu. (min)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top