Daerah

Rinaldi Motivasi Calon Peserta UN SMAN 1 Tanjung Raya

Dibaca : 182

Agam, Prokabar — “Mencita-citakan sesuatu itu harus setinggi-tingginya. Jangan hanya sekedar kuliah semata. Carilah universitas yang memiliki kualitas yang terbaik,” terang Rinaldi Datuak Rajo Mangkuto saat memberi motovasi kepada puluhah pelajar SMAN 1 Tanjung Raya yang akan menamatkan pendidikannya, di Mushalla sekolah, Jumat (23/1).

Rinaldi anggota DPRD Provinsi Sumatra Barat, Komisi III sekaligus alumni SMAN 1 Tanjung Raya tersebut juga mengkisahkan perjuangannya semasa menempuh pendidikan tingkat sekolah menengah atas tersebut. “Ayah saya juga seorang guru, dan tinggal di Nagari Maninjau ini. Perjuangan masa dulu memang sangat jauh berbeda dengan saat ini,” terangnya.

Dulu lanjutnya, kita pemuda-pemudi banyak tinggal di surau atau di mesjid. “Suasana itu masih dapat saya rasakan. Di sana kita mendapatkan berbagai pendidikan non formal yang tidak kalah penting didapat dari sekolah formal semata. Malah pendidikan organisasi masjid, seni budaya, mengaji dan Hafal Al Quran membantuk karekter cerdas, keras, tegas dan kuat,” terangnya.

Saat ini, pelajar dipengaruhi tingkat teknologi komunitasi, digital dan komputer. “Jika tidak ada pengawasan yang baik dari orang tua, guru dan masyarakat, karakter dan kepribadian anak akan berdampak buruk nantinya. Jadi, kepada adik-adik, harus cerdas menggunakan hanphond dan komputer berjaringan internet,” ajaknya.

Rinaldi juga mengisahkan pengalamannya masa lalu. Pernah bercita-cita menjadi seorang tentara. Saat melamar, melihat seorang peserta ditampar seorang komandan TNI, membuat nyalinnya menciut dan kabur dari lokasi pendaftaran.

Niat itu kembali urung dan langsung kembali pulang ke kampung halaman. Sejak itu, ia tekatkan untuk tidak akan pernah menjadi tentara namun untuk bisa kuliah di Jawa dan mewujudkan untuk kuliah di IPB.

“Berjanjilah kepada diri sendiri dan Allah untuk menjadi lebih baik. Belajar dan membuat cita-cita setinggi langit. Dengan bersungguh-sungguh belajar menuntut ilmu dengan Ridho Yang Maha Kuasa, Insyaallah itu dapat terwujud,” tuturnya.

Kepala SMAN 1 Tanjung Raya, Burmal menambahkan, agar semua pelajar untuk terus meningkatkan kemampuan. Serius mengikuti Tri Oud dan semoga sukses serta berhasil menempuh perguruan tinggi yang lebih baik.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top