Daerah

Richi Aprian, Anak Muda Rantau Yang Berani Maju Jadi Balon Bupati Tanah Datar

Tanah Datar, Prokabar — Deklarasi bakal calon Bupati Tanah Datar dilakukan Richi Aprian putra rantau asli Rao Rao. Deklarasi beliau dilakukan dihadapan awak media yang bertugas di Luhak Nan Tuo dan bertempat di salah satu hotel di kota Batusangkar.

Salah seorang tokoh masyarakat rantau rao rao, erimen amir mengatakan Richi merupakan sosok anak muda yang cinta kampung halaman. Meski beliau bermukim di rantau, namun Richi tetap mementingkan kampung halaman melalui ide ide dan pemikirannya.

“Salah satu contoh, seperti dulu ,ada puting beliung di kampung kita, beliau tergerak mengumpulkan dana. Disana saya kenal beliau,” ucapnya.

Dengan bangga ia mengatakan, Richi juga aktif dalam organisasi. Seperti dalam organisasi ikatan keluarga Rao Rao (IKRAR) , Richi menjabat sebagai presedium ikatan kelaurga Tanah Datar senusantara. Jabatan tersebut diamanahkan tak lain karena keaktifan beliau dalam organisasi dan kepedulian beliau untuk kampung halaman.

Sementara itu, Richi Arpian mengaku alasan dirinya maju sebagai bakal calon bupati Tanah Datar tak lain atas kecintaan dirinya terhadap Tanah Datar. Kemenakan dari pemilik hotel Emersia ini mengaku jika Tanah Datar harus dipimpim orang yang tepat untuk Tanah Datar yang lebih baik.

Dalam deklarasi, Richi menghargai prestasi kepemimpinan terdahulu. Kedepannya, Tanah Datar perlu percepatan dalam berbagai bidang, terutama pada sektor ekonomi kemasyarakatan.

“Pesan nenek saya, sejauh apapun kamu merantau jangan lupa kampung halaman. Begitu juga dengan ibuk mery (pemilik emersia). karena kecintaan kami pada kampung halaman maka etek membangun hotel di kampung. Jika bisnis, kami bisa bangun di padang, atau bukitinggi. Ini karena kecintaan maka dipilih Tanah Datar,” ujarnya.

Richi juga mengungkapkan, walau masih berusia muda dan belum berpengalaman dibidang pemerintahan, namun ia sampai saat ini masih bertekat untuk tetap maju sebagai kepala daerah. Meski demikian, ia mengaku akan mundur selangkah untuk menjadi wakil, jika menemukan pasangan yang tepat dan memiliki kesamaan visi dan misi untuk membangun Tanah Datar yang maju.

Menurut pria kelahiran tahun 1984 itu, Tanah Datar butuh sentuhan anak muda yang masih sedikit pengalaman namun memiliki semangat yang besar. Menurutnya juga, Tanah Datar memiliki potensi, namun hajya perlu percepatan dalam pembangunannya ditangan yang muda yang tidak mengejar jabatan.

“Seperti tadi saya berjalan ke Andaleh, disana banyak kulit manis. Itu potensi yang besar, biasanya kita menjual kulit manis basah atau kering. Nantinya dapat dikelola sebaik mungkin sehingga masyarakat dapat menikmati hasil (ekonomi) yang bagus. Begitu juga dengan kopi,” pungkasnya.

Selain sektor perekonomian, richi juga mengaku akan membenahi sektor pariwisata sebagai sektor unggulan Tanah Datar. Banyaknya detsinasi wisata di Tanah Datar, tentu pengelolaannya butuh sentuhan anak muda yang kreatif serta inovatif. (eym)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top