Daerah

Resor KSDA Agam Lakukan Pembinaan Terhadap Dua Orang Pemuda Penembak Bangau

Dibaca : 458

Lubuk Basung, Prokabar – Dua orang pemuda berinisial Z (36) dan MR (20) terpaksa berurusan dengan Resor Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Agam, di Kantornya Lubuak Basung, Jumat (16/4).

Hal itu merupakan tindaklanjut laporan warga pada Kamis (15/04), tentang adanya postingan di media sosial terkait aktivitas menembak Bangau di kawasan Danau Maninjau.

“Kami Resor KSDA Agam berhasil memanggil pelaku ke kantor di Lubuk Basung untuk dimintai keterangan dan klarifikasi hari ini. Pelaku berjumlah 2 orang terdiri dari Z dan MR, warga Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam,” ungkap Ade Putra, Kepala Resor KSDA Agam kepada Prokabar.com.

Dari hasil klarifikasi lanjutnya, diketahui pelaku menembak burung Bangau disebabkan memakan ternak ikan di keramba Jala Apung (KJA) milik pelaku pada kamis (15/04) dan memposting di akun facebook milik para pelaku. Terhadap pelaku diberikan pembinaan terkait peraturan perundangan di bidang KSDA dan aturan penggunaan senapan angin.

“Sesuai peraturan Kapolri nomor 8 tahun 2012 tentang pengawasan dan pengendalian senjata api non organik TNI/Polri, bahwa pistol angin dan senapan angin hanya digunakan untuk kepentingan olahraga menembak sasaran dan target. Selanjutnya pelaku diminta membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya,” tutup Ade. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top