Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Rencana 2021 Belajar Tatap Muka di Pasaman, Dinas Pendidikan Temui Kendala

Dibaca : 141

Pasaman, Prokabar — Dinas Pendidikan Pasaman berencana proses belajar mengajar tatap muka seperti biasanya bakal diselenggarakan Januari 2021. Ini dipastikan pihak dinas, setelah tim melakukan sosialisasi dan pemantauan terhadap sekolah-sekolah yang ada di Pasaman.

“Rencananya memang 2021 proses belajar tatap muka kembali digelar,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan, Gunawan.

Diakuinya, sejauh ini, tidak ada kendala yang berarti untuk proses belajar mengajar tatap muka tersebut. Hanya saja, ada beberapa sekolah memang kesulitan untuk memenuhi standar protokol kesehatan penyelenggaraan proses belajar mengajar.

Dirinci Gunawan, kendala itu terjadi di sekolah-sekolah yang ada di pinggir Pasaman. Fasilitas penyediaan air menjadi masalah utama beberapa sekolah untuk bisa menyelenggarakan proses belajar mengajar.

“Untuk sekolah seperti biasa, protokol kesehatan mengatur pihak sekolah untuk menyediakan fasilitas cuci tangan. Ini wajib, sementara di beberapa sekolah, kami menemui fasilitas ini sulit terwujud. Bukan karena ketiadaan wadah, tapi karena sumber air itu benar yang tidak ada,” kata Gunawan.

Kini, pihak Dinas dan sekolah yang terkendala ini sedang berfikir ekstra. Supaya fasilitas yang satu ini dapat disediakan.

“Dalam penyelenggaraan itu sekolah harus taat protokol kesehatan. Menyedian media cuci tangan, membagi jumlah dan jadwal murid yang selokal hanya bisa 20 orang, anak-anak diwajibkan memakai masker dan beberapa persuaratan lainnya,” terang Gunawan.

Meski mengalami beberapa kendala, ini tidak menjadi jalan buntu untuk menyelenggarakan proses belajar mengajar tatap muka. “Hanya beberapa sekolah dari ratusan sekolah yang bermasalah sumber airnya. Selebihnya aman, mudah-mudahan berjalan lancar dan bertemu solusi terbaik untuk sekolah-sekolah ini,” pungkas Gunawan. (ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top