Trending | News | Daerah | Covid-19

Peristiwa

Ratusan Rumah di Air Tajun Lubuk Alung Terendam Banjir

Dibaca : 447

Padang Pariaman, Prokabar – Akibat curah hujan yang cukup tinggi di Kabupaten Padang Pariaman menyebabkan ratusan rumah yang tersebar di lima Korong di Nagari Air Tajun Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung terendam banjir, Kamis (1/10) sekitar pukul 15.00 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman Budi Mulya mengatakan, ratusan rumah masyarakat yang terendam bajir tersebut terdapat di Korong Kampuang Paneh, Korong Indarung, Korong Rawang, Korong Kapalo Banda dan Korong Kampuang Tangah.

“Ketinggian air yang mencapai 100 cm itu mengakibatkan 700 unit rumah warga terendam, 300 Hektar lahan persawahan atau ladang, 40 petak kolam, 3 unit tempat ibadah, 3 unit fasilitas pendidikan dan 1 unit huller juga terendam banjir,” ungkap Budi Muliya saat dihubungi Prokabar melalui telepon, Jum’at (2/10).

Tingginya curah hujan, sambung Budi Muliya, menyebabkan meningkatnya debit air anak sungai atau irigasi yang dilalui daerah tersebut, dan tidak tertampung sehingga membuat air sungai meluap.

“Banjir yang terjadi sejak kamis sore itu mulai surut tengah malam sekitar pukul 23:00 wib Kamis malam,” sebutnya.

Lebih lanjut Budi Muliya menyebut, bahwa jajarannya dari Satgas TRC BPBD sejak sore hingga malam sudah dilokasi, guna pendataan dan penanganan di lokasi banjir tersebut termasuk memantau debit air.

“Belum ada laporan warga yang mengungsi, seluruh warga yang terdampak banjir masi bertahan dirumah masin-masing, menunggu air surut,” tambahnya.

Budi mengimbau warga Padang Pariaman agar lebih waspada terhadap cuaca eksrim.

“Cuaca saat ini tidak bisa ditebak, yang penting kita tetap waspada baik yang tinggal diperbukitan, rawan banjir maupun rawan longsor,” tutupnya. (syh)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top