Daerah

Rapat Pelaksanaan MTQ Nasional, Ini Target Sumbar

Padang, Prokabar — Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit pimpin rapat evaluasi dan persiapan penyelenggaraan dan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-28 tahun 2020 di Sumatera Barat (Sumbar) di ruang Rapat Wagub Sumbar, kantor gubernur, Selasa, (16/7) kemarin.

Dihadiri oleh Kepala Biro Bina Mental Setda Sumbar H.Syaifullah, Kanwil Kemenag, Pengurus LPTQ dan para pelatih khafilah MTQ Sumbar, Wagub meminta pembina dan pelatih agar selalu kompak untuk mempersiapkan Qori dan Qoriah sebaik-baiknya agar menghasilkan yang terbaik.

“Kita harus bisa mempersiapkan kafilah MTQ yang terbaik, agar dapat meraih juara, kalau bisa gunakan qori dan qoriah terbaik, termasuk yang juara STQH Nasional ke XXV di Pontianak yang lalu,” ujar Nasrul Abit, dilansir Rabu (17/7).

Dirinya berharap pada MTQ Nasional ke-28 tahun 2020 dapat mengembalikan kejayaan Sumbar. “Harus ada peningkatan prestasi luar biasa jadi lima besar atau paling tidak enam besar seperti tahun sebelumnya. Kalau perlu kita datangkan pelatih-pelatih hebat dari luar,” pintanya.

Wagub pun meminta Kanwil Kemenag Sumbar, Biro Bina Mental, LPTQ dan para pelatih khafilah MTQ Sumbar bisa mendatangkan kembali kafilah kita yang berprestasi berada di luar Sumbar untuk bisa diikutsertakan pada ajang MTQ nasional 2020.

“Karena kita banyak memiliki bibit-bibit yang unggul dan potensial dalam seni membaca, hafidz dan cabang lain Alqur’an,” jelasnya

Menurutnya, kemungkinan ada 8 putra-putri minang yang mampu menjadi kafilah dari Sumatera Barat namun sedang merantau ke luar daerah.

“Jika memang anak-anak yang sedang merantau ini kemampuan dan potensinya di bidang MTQ sangat besar, kita akan berusaha untuk mendatangkannya ke Sumatera Barat. Namun, jika kualitasnya sama saja dengan yang ada bahkan tidak lebih baik, untuk apa?,” ucap Wakil Gubernur Sumatera Barat

Sejauh ini pihak LPTQ Sumbar telah melakukan tiga kali training center (TC) untuk calon-calon khafilah MTQ Nasional dari Sumatera Barat. Dari TC tersebut LPTQ telah mendapatkan beberapa peserta yang bisa melampaui batas nilai nasional.

Dalam penjelasan Syaifullah ada 6 cabang dari total 8 cabang MTQ Nasional yang telah melampaui standar nilai nasional seperti, Tilawah Qiroat Putra, Tilawah Qiroat Putri, Tafsir Bahasa Indonesia Putri, Tilawah Remaja Putra dan Tafsir Bahasa Inggris Putri.

“Meskipun ada 6 orang, masih ada beberapa orang lagi yang bisa naik nilainya dan mencapai nilai nasional, totalnya ada 10 orang,” ucapnya

Kedepannya akan dilaksanakan beberapa kali TC untuk calon-calon kafilah dari Sumatera Barat untuk menentukan siapa yang akan mewakili Sumatera Barat dalan MTQ nasional 2020

“Untuk itu, bulan November kafilah kita sudah fiks dan TC yang kita adakan totalnya 13 kali di tahun 2019 dan untuk tahun 2020 diadakan 13 kali TC 12 kali,” ungkap Karimis salah satu Kabag di Biro Bintal Sumbar.

Setelah terpilih kafilah yang akan menjalani pelatihan intensive dibimbing langsung oleh pelatih pelatih MTQ Nasional. (rel/hdp)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top