Trending | News | Daerah | Covid-19

Bola

Ragam Kegiatan Pesepakbola Indonesia Selama Libur Covid-19; Dari Youtuber, Petani, Sampai jadi “Kuli Bangunan”

Dibaca : 207

Jakarta, Prokabar – Berbagai kegiatan dilakukan pesepak bola Indonesia untuk mengisi kekosongan akibat Liga 1 2020 yang ditunda akibat Virus Corona atau Covid-19. Beragam kegiatan dilakukan pesepak bola selama masa libur kompetisi, yang paling utama adalah menghabiskan waktu bersama keluarga.

Dengan berada di rumah saja dan tak ada agenda latihan, para pemain dan pelatih sepak bola banyak berkegiatan bersama keluarga. Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, dan gelandang Persija Jakarta, Sandi Darman Sute, contohnya.

Teco, sapaan Stefano Cugurra, dan Sandi Sute menebus waktu-waktu yang hilang bersama keluarga saat mereka sibuk berlatih dan bertanding pada waktu-waktu sebelumnya. Namun, aktivitas bersama keluarga bukan satu-satunya kegiatan yang digeluti para pemain sepak bola Indonesia pada masa ini.

Berikut berbagai kegiatan yang dilakukan oleh pesepak bola Indonesia selama Liga 1 2020 diliburkan, dikutip dari laman skor.id.

1. Youtuber
Kapten Persita Tangerang, Hamka Hamzah, lebih giat mengunggah video di kanal Youtube “Hamka Story 23” miliknya. Dalam dua pekan terakhir ada sekitar sembilan video yang diunggah Hamka di channel Youtube-nya. Biasanya ia tak sesering itu upload video.

“Ini (jadi Youtuber) adalah sampingan, karena yang utama itu sepak bola. Jadi di channel saya tak seperti Youtuber lain yang harus mengejar membuat konten,” kata Hamka.

Adam Alis pun demikian, channel AA Tivi miliknya juga menjadi kegiatan untuk mengisi kekosongan kompetisi. Yang terbaru, Adam mengunggah video dirinya bermain challenge dengan duo Korea Selatan di Bhayangkara FC, Lee Yu-jun dan Lee Won-jae.

2. Bertani
Berbeda lagi dengan Irkham Zahrul Mila, winger PSS Sleman yang memutuskan untuk menjadi petani sementara waktu. Irkham menyewa lahan seluas tiga ribu meter persegi di kampung halamannya di Desa Harjosari Lor, Adiwerna, Tegal untuk dijadikan ladang.

Ladang tersebut rencananya akan ia tanami pepaya sesuai arahan dari saudaranya yang telah lebih dulu terjun di dunia itu. Eks-pemain Persis Solo itu pun berharap ladang tersebut bisa menjadi penghasilan sampingan bagi dirinya di luar sepak bola. “Daerah sini mulai banyak yang menanam pepaya. Prosesnya sekitar enam sampai tujuh bulan baru bisa dipetik hasilnya,” ujar pemain timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019 itu:

3. Jadi Kuli Bangunan
Gelandang Barito Putera, Bayu Pradana, mengisi kegiatan selama jeda kompetisi dengan kegiatan pembangunan rumah di kampung halamannya, Maret 2020. Bayu sibuk menjadi kuli bangunan dengan membangun garasi di rumahnya di Desa Patemon, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang.

Mengaduk semen hingga mendorong bahan bangunan jadi aktivitasnya. Kegiatan nguli atau menjadi kuli bangunan ini semata untuk dirinya sendiri. Selain itu Bayu yang hobi memelihara burung juga membuat kandang sendiri untuk hewan kesayangannya.

“Iya, saya bikin kandang burung untuk memelihara lima pasang merpati kolong. Ini adalah hobi saya waktu kecil dulu,” kata Bayu kepada Skor.id, Minggu (5/4/2020) malam.

4. Main Gim
Gim menjadi salah satu hiburan para pemain sepak bola kala libur kompetisi. Hal itu yang dilakukan dua pemain Persebaya, Alwi Slamat dan Muhammad Hidayat. Keduanya asyik bermain game Player Unknown’s Battle Grounds (PUBG) bersama David da Silva yang kini pulang ke Brasil.

Hal itu juga yang dilakukan kiper AA Tiga Naga, Jefri Wibowo, yang gemar bermain gim dari ponselnya. “Sekarang, saya sedang suka main game Mobile Legends di ponsel. Untuk hiburan saja saat waktu senggang,” ucap Jefri.

5. Berbisnis
Banyak pesepak bola yang berbisnis untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Gelandang Bhayangkara FC, Adam Alis, memiliki usaha kafe yang ia rintis sendiri. Kafe Adam Alis masih buka di tengah pandemi corona, namun hanya melayani pembelian take away.

Sementara pemain muda Persib, Bandung Gian Zola, berbisnis kuliner berupa ayam geprek. Meski usahanya sempat tutup pekan lalu karena menghindari penyebaran virus corona, pekan ini rencananya Gian Zola akan membuka lagi warungnya.(*/mht)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top