Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Putaran Jual Beli Ternak Iduladha di Sumbar Capai Rp700 miliar

Dibaca : 194

Padang, Prokabar — Pada Iduladha tahun ini, sapi kurban Presiden RI merupakan hàsil peternakan yang ada di Sumbar dan ada beberapa pertenak yang bersaing ketat dalam seleksi pemilihan sapi quran oleh Dinas Peternakan Sumbar.

“Sapi terpilih merupakan yang paling baik dan bagus di Sumatera Barat. Kita menyambut baik ini kegiatan selain memberi gairah terhadap peternak Sumbar walaupun masa pandemi covid 19, motivasi semangat ibadah qurban masyarakat sangat tinggi. Dan ini terlihat dari perputaran uang beredar sebesar 700 miliar tahun ini dalam kegiatan jual beli ternak di Sumatera Barat,” ungkap Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Sabtu (1/8).

Untuk itu pihaknya mengingatkan semua jangan lupa selalu bersyukur tentu hal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat di Sumatera Barat.

“Alhamdulillah setelah dilakukan penyerahan ini akan langsung disembelih dan langsung dibagikan kemasyarakat melalui panti-panti, dan kepada masyarakat di daerah-daerah miskin yang membutuhkan,” katanya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sumbar Hendri menyampaikan pelaksanaan ibadah qurban di Sumatera Barat tahun ini berjumlah ternak 32.632 ekor.

“Ternak Sapi sebanyak 29.204 ekor, ternak kambing sebanyak 3.119 ekor dan kerbau 329 ekor, yang tersebar di masjid, mushalla dan beberapa tempat umum di Sumatera Barat. Ini bukti bahwa masa pandemi tidak mengurangi kegiatan ibadah qurban di Sumatera Barat,” ungkapnya.

Sementara itu ketua pengurus masjid Raya Sumbar Sobhan Lubis menyampaikan harapan bagaimana masjid raya dibolehkan menerima penyelenggaraan sapi qurban lainnya selain dari pak presiden juga ada dari pak Gubernur dan pejabat lainnya.

“Dan ini dapat menjadi program dinas peternakan ke depan dalam menumbuhkan semangat peternak Sumbar untuk dapat berkiprah lebik lagi. Ibadah dapat, kemajuan dan kesejahteraan peternak juga akan berkembang, “harapnya

Sapi kurban Presiden RI ini berasal dari peternak Kota Solok Sumatera Barat dengan berat 1,2 Ton dengan kisaran harga Rp. 72 juta. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top