Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Puskesmas Berperan Penting Dalam Langkah Awal Hadapi Covid-19

Dibaca : 286

Padang, Prokabar – Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) memiliki peran penting dalam langkah awal menghadapi Pandemi Covid-19 yang tengah merebak. Namun belum mendapat perhatian luas dari masyarakat

“Sejak mewabahnya Corona, masyarakat cenderung berbondong-bondong ke rumah sakit untuk melakukan cek kesehatan. Padahal Puskesmas sebagai FKTP, yang lokasinya terjangkau dengan lingkungan tempat tinggal, juga memiliki peran penting, namun belum terlalu mendapatkan perhatian masyarakat,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Padang Azwar Siri saat mengunjungi Puskesmas Anak Aia, Kecamatan Koto Tangah, Selasa (5/5).

Padahal, kata Puskesmas dilibatkan dalam penanggulangan Covid-19 atau penyakit yang disebabkan virus Corona baru.

“Selain mengedukasi masyarakat untuk berperilaku hidup bersih, petugas Puskesmas bertugas mendeteksi awal virus itu,” ungkap politisi Demokrat itu.

Koordinator Komisi IV DPRD Kota Padang Stafrial Kani mengatakan, bahwa peran Puskesmas sebagai garda terdepan sangat penting dan seharusnya dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat, sebagai langkah awal untuk menghadapi Covid-19.

Apalagi, dengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), posisi dan peran Puskesmas menjadi sangat krusial, khususnya untuk memberikan informasi dan edukasi terkait Covid-19  dan skrining awal terhadap masyarakat sekitar.

“Sebagai garda terdepan, justru peran Puskesmas harus dioptimalkan untuk ikut membantu mencegah penyebaran Covid-19,” sebutnya.

Ia juga menekankan, pentingnya kesiapan Puskesmas dalam menjalankan perannya tersebut. Langkah untuk Puskesmas dengan penekanan, pada prinsip pencegahan dan skrining, serta tindak lanjut setelah hasil diketahui, merupakan langkah yang patut diapresiasi.

Menurutnya, dalam melakukan pelacakan terhadap kesiapan Puskesmas juga sangat tepat, tidak hanya untuk meningkatkan peran penting Puskesmas, namun juga meningkatkan sinergi para pihak di berbagai tingkatan dalam menghadapi Covid 19.

Terkait dengan kesiapan Puskesmas, ia  mengatakan bahwa Puskesmas sebagai garda terdepan juga perlu memastikan kesiapan sarana dan prasarananya, serta relasi Puskesmas, baik internal maupun eksternal.

Kepala Puskesmas Anak Air dr. Fitriyenti mengatakan, peran penting Puskesmas sebagai garda terdepan penanggulangan Covid-19, harus didukung oleh kesiapan sarana dan prasarana Puskemas.

Selain itu, informasi dan edukasi publik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan peran Puskesmas harus digalakkan secara intensif oleh berbagai pihak, khususnya melalui Dinas Kesehatan maupun lingkungan RT/RW sekitar.

“Lebih jauh, keberhasilan untuk menanggulangi Covid-19 juga membutuhkan kerjasama berbagai pihak, termasuk kesadaran dan kepatuhan setiap individu untuk mencegah penyebaran Covid-19,” tuturnya.(mbb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top