Daerah

Puluhan Pedagang Pasar Batusangkar Ikuti Vaksinasi Covid 19

Dibaca : 310

 

Tanah Datar, Prokabar- Lokasi vaksinasi Covid 19 terhadap pedagang pasar serikat c Batusangkar, Tanah Datar akhirnya dipindah ke kawasan yang tak jauh dari pasar tersebut. Dengan meminjam sebuah ruko di kawasan Jati, kenagarian Baringin, vaksinasi dimulai pada Selasa pagi (9/3).

Sebanyak 40 orang pedagang dalam satu hari akan mendapatkan penyuntikan vaksin dari 120 orang yang terdata sebagai penerima tahap pertama. Lokasi yang dekat dengan pasar, memang mempengaruhi animo vaksinasi, hal ini dibuktikan dengan tingginya antusias pedagang l untuk divaksin covid 19.

Hingga selasa siang saja, dari 40 orang penerima dalam satu hari, sebanyak 30 orang pedagang telah disuntikan vaksin yang diyakini bisa meningkatkan imunitas tubuh itu.

Berdasarkan catatan Dinas Koperindag dari lebih kurang 800 orang pedagang di pasar Batusangkar, tahap pertama penyuntikan vaksin hanya diberikan kepada 120 orang pedagang. Sedangkan, untuk pedagang lainya akan didata untuk sasaran pada tahap berikutnya.

” hari ini, sudah banyak pedagang kita yang mendaftar sebagai penerima vaksin. Sesuai dengan ketersedian vaksin, pada tahao pertama ini hanya 120 orang pedagang saja. Untuk pedagang lainnya, akan kita lakukan pada rahap berikutnya,” ucap Darfizal, Kadis Koperindag Tanah Datar.

hal senada juga disampaikan Syafril Kepala UPT Pasar Batusangkar. Vaksinasi covid 19 terhadap pedagang akan dilakukan selama tiga hari kedepan, dimana setiap harinya sebanyak 40 orang pedagang akan menerima vaksin.

” meski kemaren ada kendala, namun setelah kita pindahkan lokasi vaksinasi, alhamdulillah antusias pedagang sangat bagus,” ucp Syafril.

Ia mengaku kendala yang dialami dalam program vaksinasi ini yaitunya masih adanya pedagang yang enggan untuk divaksin. Meski demikian, pihaknya kan berusaha meyakinkan pedagang untuk mau divaksin, karena vaksin aman untuk tubuh, dan mengurangi resiko berat jika sewaktu waktu terpapar covid 19.

” kita mengajak pedagang untuk mau divaksin. Vaksin aman untuk kesehatan kita,” ajaknya.

Meski antusias, namun masih ditemui persoalan dalam proses vaksinasi terhadap pedagang pasar serikat C Batusangkar ini. Selain masih adanya pedagang yang terpapar informasi bohong, sebagian pedagang yang sudah divaksin banyak yang enggan mengikuti proses observasi usai disuntik. Pada umumnya, pedagang meninggalkan lokasi vaksinasi dan kembali beraktiftas sepert biasa didalam pasar Batusangkar.

” kita sudah coba katakan kepada pedagang untuk bisa menunggu dulu (observasi) sebelum beraktifitas, tapi mereka tetap untuk kembali beraktifitaa. Untuk yang tidak mau observasi, kita data melalui petugas koperindag, mereka bertanggung jawab,” ungkap salah seorang petugas kesehatan. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top