Trending | News | Daerah | Covid-19

Ekonomi

PT. AMP Berangkatkan 200 Pekerja Formal ke Malaysia

Dibaca : 687

Padang, Prokabar – Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi dan Transmigrasi Sumatera Barat melepas 200 orang lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk bekerja pada sektor formal di Syarikat Hartalega SDN. BHD, Malaysia, Selasa (24/9) di Kantor PT. Andalan Mitra Prestasi, Lolong, Padang.

Kepala Disnaker Sumbar, Nasrizal mengatakan sangat mendukung upaya mengirimkan tenaga kerja formal ke luar negeri. “Sekarang kita lepas 200 orang, kedepan, kita harap akan lebih banyak lagi pekerja asal Sumbar yang dikirim ke luar negeri,” katanya.

Ia menyebut pengiriman tenaga kerja ke luar negeri bisa menjadi solusi mengatasi angka pengangguran yang masih sedikit di atas angka nasional.

Karena itu, katanya, Dinas Tenaga Kerja Sumbar akan memfasilitasi segala upaya untuk meningkatkan kemampuan lulusan SMK, terutama di bidang bahasa internasional.

Sementara Direktur Utama PT. Andalam Mitra Prestasi, Tafyani Kasim mengatakan pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) ini setelah pihak Hartalega SDN BHD meminta tenaga kerja beberapa waktu lalu.

“Mereka yang dikirim kali ini merupakan hasil seleksi dari sekitar 500 orang,” kata Tafyani Kasim.

Dikatakan, Syarikat Hartalega SDN BHD memberikan solusi terhadap pekerja formal Sumbar yang berasal dari keluarga kurang mampu, karena tidak memungut biaya apapun.

“Semua zero cost. Bahkan gaji pun tidak ada potongan. Malah ada kesempatan untuk mendapatkan pendapatan lebih dengan lembur,” katanya.

Sesuai kontrak kerja yang ditandatangani pekerja formal asal Sumbar itu bisa mendapatkan gaji sekitar Rp6 juta. Dengan segala fasilitas yang diberikan perusahaan, mereka bisa menabung hingga Rp4 juta sebulan.

Tafyani menambahkan pada Oktober 2019, pihaknya akan kembali memberangkatkan sekitar 200 orang tenaga kerja sektor formal dan terus bertambah hingga 600 orang sampai akhir tahun.

Hanya saja ada kendala dalam penyiapan dokumen keberangkatan yang relatif lama dengan birokrasi yang panjang. “Kami berharap persoalan ini bisa segera mendapatkan solusi,” ujarnya.

Pelepasan ikut dihadiri oleh keluarga dari 200 tenaga kerja yang segera diberangkatkan ke Malaysia, perwakilan dari Syarikat Hartalega SDN. BHD, Malaysia dan sejumlah pihak terkait.(mbb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top