Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

PT. Al Ananda Labaik Kakbah Bantu Lapas IIB Lubuk Basung, Bina Napi Budidaya Lele

Dibaca : 162

Lubuk Basung, Prokabar — PT. Ananda Labaik Kakbah bekerjasama dengan Lapas IIB Lubuk Basung untuk pembinaan dan pelatihan budi daya lele, akhir pekan lalu. Menebarkan bibit 7000 ekor dan dapat panen sekitar 30 hari.

Direksi PT. Ananda Labaik Kakbah, Hajah Lena Muhammad Nasir menjelaskan pembinaan ini bertujuan menambah kuat legalism, sehingga lepas menjalani hukuman dan kembali ke maayarakat nanti, warga binaan dapat hidup normal dengan usaha budidaya lele.

“Memberikan sebuah kegiatan dan ilmu adalah suatu yang sangat menyenangkan. Dan kami cukup senang bisa membantu warga binaan agar tidak kembali berbuat kejahatan,” tuturnya.

Pengusaha yang bekerja dibidang tour dan traveling ini sangat senang melihat aktifitas warga binaan dalam pembinaan Lapas IIB Lubuk Basung. Selain pembibitan Lele, aktifitas kerajinan tangan, dan kegiatan keagamaan seperti mengaji dan sholat berjemaah.

“Mereka akan lebih fokus di banding orang orang di luar Lapas,” ungkap Lena. Hal ini membuat saya ingin berbagi dan ikut serta dalam membina. Insya Allah kita juga akan merambah ke belut yang dalam drum agar semua tidak ada yang melamun, suntuk yang sangat disayangkan tidak dapat ilmu. Harapan PT. Al Ananda kerja sama ini bisa bermanfaat kebaikan pada warga binaan dan lapas,” ujarnya.

Sementara itu, Pihak Lapas, Kepala Lapas IIB Lubuk Basung, Suroto diwakilkan oleh Kasubbag TU, Mochamad Niko dan Kasubsi, Roni Iskandar serta dua orang staf Heppy Andreas dan Ryan Prima.

“Kegiatan sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Pemasyarakatan No. PAS.125.PK.01.08.03 tahun 2014 tentang pelaksanaan kerjasama dengan pihak ke tiga untuk mendukung program peningkatan kegiatan kerja narapidana dalam rangka mewujudkan pemasyarakatan produktif,” ungkap Kasubbag TU, Muchamad Niko.

Pembinaan dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia dari petugas pemasyarakatan sendiri, wargabinaan pemasyarakatan serta masyarakat setempat. Pembinaan jelas akan memberikan peluang pembelajaran. Serta dapat memaksimalkan pemanfaatan hasil kegiatan kerja produktif untuk memperbesar penerimaan negara bukan pajak atau PNBP.

“Kami sangat senang, adanya pembimbingan dan pembinaan ini. Sebelumnya, kami juga telah bertanam jagung, beternak sapi dan pembibitan ikan Nila siap jail ke pasar. Sekarang bertambah budidaya lele, memperkuat usaha ekonomi warga binaan bersama petugas dan warga setempat nantinya,” tukuknya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top