Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

PSU di TPS 07 Pangian, Mahyeldi-Audy Joinaldy Tetap Unggul

Dibaca : 474

Tanah Datar, Prokabar — Pemungutan Suara Ulang (PSU) dilakukan di TPS 7 Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo, minggu (13/12). Dari hasil pemungutan, pasangan H Mahyeldi dan Audy Joinaldy tetap menang di Tempat tersebut.

Pasangan H Mahyeldi-Audy Joinaldy mendapatkan 101 suara, disusul Nasrul Abit-Indra Catri sebanyak 39 suara, kemudian pasangan Fakhrizal-Genius Umar sebanyak 18 suara, dan terakhir pasangan Mulyadi- Ali Mukhni sebanyak 17 suara.

“PSU dilakukan karena terdapatnya kesalahan informasi pada Pilkada Rabu (9/12) lalu. Dimana, saat itu ada empat pemilih yang berdomisili di jorong itu, tapi tidak ber KTP disitu. Alasan diterima karena pertimbangan mereka tidak mungkin melakukan kecurangan karena sudah merupakan warga setempat,” ujar Rio Van Putra, Ketua KPPS TPS 07 Pangian, Minggu (13/12) malam.

Terkait pelaksanaan PSU sebut Rio, terjadi penurunan partisipasi dibandingkan pencoblosan 9 Desember kemarin.

“Awal nya pemilih pada Rabu (9/12/2020) tercatat 219 orang, sedangkan pada Minggu saat PSU turun menjadi 182 orang. Untuk menarik partisipasi masyarakat, pihak TPS pun melakukan inovasi dengan memberi hadiah hiburan kepada pemilih yang datang mencoblos,” tambahnya.

Pelaksanaan PSU tetap memakai prosedur pemungutan pada saat Pilkada, dimana pencoblosan dimulai sejak pukul 07 sampai jam 13.00 Wib dan pukul 13.30-16.00 Wib dilakukan penghitungan suara.

Proses PSU ikut dikawal oleh petugas dari Polsek Lintau Buo, serta dari Bawaslu Tanah Datar, Panwascam Lintau Buo, serta KPPS Pangian. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top