Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

PSBB Diperpanjang, Pemerintah Tanah Datar Siapkan Masyarakatnya Hadapi New Normal

Dibaca : 4.4K

Tanah Datar, Prokabar – Jelang berakhirnya masa pembatasan bersekala besar (PSBB) pada 29 Mei 2020, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar memutuskan untuk memperpanjang masa PSBB. Perpanjangan tersebut dilakukan selama 9 hari atau hingga 7 Juni mendatang.

Perpanjangan masa PSBB dilakukan atas kesepakatan bersama kabupaten kota di Sumatera Barat saat video conference bersama pemerintah Provinsi pada Kamis (28/5).

Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Datar Irwandi mengatakan jika selama perpanjangan PSBB 9 hari, pemerintah akan mempersiapkan berbagai hal dalam menghadapi new normal seperti penerapan protokol kesehatan di fasilitas umum, tempat ibadah, tempat kerja dan tempat tempat lainnya.

Nasrul Abit Indra Catri

Menurut Irwandi, dalam menghadapi new normal perlu adanya kesiapan masyarakat, yang notabene dalam kesehariannya nanti mesti menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak, pakai masker, dan pola hidup sehat.

“Dalam 9 hari itu, nantinya kita pantau kepatuhan masyarakat kita, dalam rangka menjaga protokol kesehatan itu,” kata Irwandi.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, sesuai dengan edaran mendagri, disamping menyiapkan masyarakat, pemerintah kabupaten Tanah Datar nantinya juga mesti menyiapkan fasilitas kesehatan, seperti petugas serta alat kesehatan. Selain itu juga dipersiapkan bagaimana pemerintah menghadapi new normal pada sektor pendidikan, perekonomian serta keagamaan dan sebagainya.

“Kita menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat tetap membudayakan hidup bersih, pakai masker, dan menjaga jarak serta mengurangi kerumunan. Setelah tanggal 7 bagaimana masyarakat, pemerintah serta swasta sudah siap menghadapi situasi baru, kehidupan yang sudah normal namun dibatasi dengan berbagai protokol,” jelas Irwandi.

Sementara, menanggapi kapan dimulainya aktifitas pendidikan di Tanah Datar, Irwandi mengatakan jika sesuai kesepakatan bersama akan mulai dilakukan selepas 7 Juni atau disesuaikan dengan tahun ajaran baru.(eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top