Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Program TMMD di Pessel, Rehab Rumah Hingga Buka Akses Jalan Terpencil

Dibaca : 244

Pessel, Prokabar — Selain melakukan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), program Tentara Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) ke-109 tahun 2020 yang akan ditempatkan di Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, juga akan membuka akses jalan pada perkampungan terpencil.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMD P2KB) Pesisir Selatan, mengatakan bahwa pembukaan secara resmi program TMMD/N ke-109 tahun 2020 akan dilakukan pada 22 September 2020.

“Pembukaan TMMD/N yang akan ditempatkan di Lapangan Sepakbola Koto Barapak Bayang itu, direncanakan akan dihadiri oleh Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Irwansyah. Melalui bakti TNI itu nanti, kita menargetkan melakukan pembukaan akses jalan menuju perkampungan-perkampungan terpencil di Kecamatan Bayang Utara sepanjang 9,9 kilometer. Selain itu juga dilakukan rehab terhadap puluhan rumah yang tidak layak huni,” ujarnya.

Dijelaskan Wendi lagi bahwa naskah kesepakatan bersama antara pemerintah daerah dengan Kodim 0311 Pesisir Selatan tersebut, sudah dilakukan Rabu (16/9) antara Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, dengan Dandim 0311 Pessel, Letkol Inf Gamma Arthadilla Sakti, serta juga oleh DPMD P2KB sendiri.

Wendi menerangkan bahwa 9,9 kilometer akses jalan yang ditargetkan dibuka melalui TMMD/N itu di antaranya, akses jalan ke Kampung Dilan-Nagari Pancuang Taba sepanjang 3,7 kilometer, Dilan-Limau Limau sepanjang 4,7 kilometer, dan bila memungkinkan dilanjutkan pula pada ruas jalan Dilan-Muaro Aie sepanjang 2,5 kilometer.

“Berdasarkan ruas itu, sehingga totalnya menjadi 9,9 kilometer. Sebab bila memungkinkan, melalui TMMD/N itu juga akan diupayakan sepanjang 2,5 kilometer pada ruas jalan Dilan-Muaro Aia, sebagaimana saya jelaskan tadi,” tutupnya. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top