Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Program Pertanian Eka Richi Murni Untuk Kesejahteraan Petani

Dibaca : 245

Tanah Datar, Prokabar – Sekretaris Tim Pemenangan Eka Richi, Nofitra Kemala memastikan program Eka Richi tentang pertanian tak lain untuk kesejahteraan petani di Tanah Datar. Kader Gerindra itu menyebutkan, salah satunya menggratiskan biaya peralatan pertanian seperti alat bajak sawah.

“Saya kira beban masyarakat sudah cukup berat ya. Makanya kita bikin menggratiskan traktor, bajak dan mesin potong rumput,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, guna merealisasikan program tersebut, nantinya setiap kecamatan dan nagari akan dibuat UPT. Dimana UPT itu nantinya yang akan mengelola seluruh peralatan yang dibutuhkan petani.

Program ini katanya bisa terealisasi melalui APBD dan bahkan bisa juga diwujudkan melalui APBN.

“Eka-Richi punya link ke pusat, gak cukup dari APBD kita cari lewat APBN. Gak usah ragu, pak Eka ini telah berbuat sejak lama, jadi gak ada yang tidak mungkin. Yang gak ada kita bikin, yang sudah ada kita perbaiki sektor pertanian ini,” tegas Nofitra.

Selain itu, menurut Nofitra, dalm menunjang produksi hasil pertanian petani dan menjawab keluhan masyarakat terkait kelangkaan pupuk, Eka-Richi juga bertekat melakukan penambahan kuota pupuk bersubsidi untuk petani Tanah Datar.

“Untuk pupuk ini, juga akan kita ajak produk pupuk organik daerah. Dengan mengajak berkolaborasi, pupuk akan tersedia dengan baik. Dan produk pupuk daerah kita juga mengalami kemajuan,” sambungnya.

Disamping itu, kata Nofitra yang tak kalah penting adalah memaksimalkan fungsi irigasi.

“Karena daerah kita bukan daerah hujan. Urat nadi pertanian itu air, kalau perlu kita bikin pompanisasi. Air dinaikkan ke embung sehingga air benar-benar terjamin untuk petani kita,” tukas dia.

Selain beberapa program tersebut, Nofitra juga menjelaskan, pasangan Eka Richi juga akan meningkatkan kuota asuransi tani, dimana keduanya bertekat meningkatkan jumlah kartu tani sebagai basis petani untuk menjamin para petani.(eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top