Nasional

Presiden : Sejak 2015 Telah Dikucurkan Dana Desa Rp187 Triliun

Dibaca : 283

Jakarta, Prokabar — Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa tahun 2015 pemerintah telah mengucurkan 20 triliun dana desa, lalu tahun 2016 dikucurkan lagi 47 triliun, serta pada tahun 2017 dan 2018 masing-masing 60 triliun.

“Dalam sejarah anggaran di negara kita,  187 triliun dalam 4 tahun, gede sekali. Oleh sebab itu, penggunaannya harus tepat sasaran. Apa yang diperlukan desa itu, kerjakan dengan dana desa ini,” 

Ungkap Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan pada Acara Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa Tahun 2018, di Graha Pradipta Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta, Rabu (25/7).

Ia juga memberikan contoh seperti pekerjaan irigasi, jalan maupun keperluan produktif lainnya. Selain itu Kepala Negara juga menyampaikan agar setelah desa mendapatkan anggaran, pembelian barang-barang material itu tetap dibeli di desa atau sekitarnya dan jangan di kota.

“Untuk apa? agar uang itu beredar di situ terus, perputaran uangnya ada di desa, perputarannya ada di lingkup Kecamatan. Jangan dilarikan ke kota lagi, ke kota nanti lari ke Jakarta uangnya, lari ke Jakarta lagi,” tegas Presiden meski ada keuntungan atau lebih murah jika dibeli di kota.

Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh aparat desa, kepala desa, badan permusyawaratan desa, dan juga aparat TNI/Polri yang juga ikut menjaga suasana kondusif saat pilkada serentak lalu. (*/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top