Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Potensi Pasaman Masih Tertidur, DRD Ajak Membangunkannya

Dibaca : 266

Pasaman, Prokabar — Pasaman ternyata menyimpan banyak potensi yang dapat dikembangkan untuk mengangkat perekonomian rakyat badari.

Hanya saja, potensi ini dibiarkan tertidur pulas. Tidak ada yang membangunkan. Kalaupun ada, tidak bertahan lama.

“Sebab, antara masyarakat dan pemerintah nagari atau setingkat kabupaten belum singkron. Ini yang perlu diperbaiki,” kata Ketua Dewan Riset Daerah (DRD) Pasaman, Prof. Yasri saat memberikan hasil riset pada Pemkab Pasamab untuk diimplementasikan.

Dicontohkan Yasri, di bidang minapolitan alias konsepsi pembangunan ekonomi di bidang perikanan.

“Pasaman itu salah satu daerah terbesar untuk budidaya ikan. Banyak jenis usaha rakyat yang sumbernya ikan bisa dikembangkan saat ini. Hanya saja masyarakat kita kurang diberi pelatihan. Ini adakah tugas pemerintah,” kata Yasri.

Tidak saja itu, di bidang wisata juga. Pemkab Pasaman masih lemah dalam hal pengembangan. Banyak yang bisa digarap, namun sumber daya manusia miskin inovasi.

“Pasaman bantak perbykitan, alam masih asri, air terjun sana sini. Buka objek wisata itu, serahkan pengelolaannya pada  masyarakat, ikat mereka dengan bagi hasil atau semacamnya. Maka, Pasaman bakal menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi wisatawan,” tutup Yasri.

Pantauan Prokabar.com, pejabat di Pasaman tidak saja miskin inovasi. Untuk mempertahankan objek wisata yang ada saja, pemerintah tidak tahu arah. Dibiarkan begitu saja, seperti objek wisata sejarah Tuanku Imam Bonjol yang terbangkalai seperti diberitakan sebelumnya. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top