Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Postingan Vinna Kisah Pasien Covid Di-takedown oleh FB

Dibaca : 1.3K

Jakarta, Prokabar – Tulisan kisah perjuangan pasien covid 19, Vinna Melwanti, tiba tiba saja hilang di facebook. Tulisan panjang itu sudah dishare 700 orang sebelum dihilangkan facebook.

Tulisan itu menceritakan kisah wartawati senior terkena Covid-19 dan dirawat 15 hari. Tulisan itu dianggap facebook (FB) menyebar informasi bahwa tidak ada covid. Lalu FB men-takedown postingan itu.

Tak jelas, apakah FB sudah membaca dengan teliti atau karena translet Indonesia ke Inggris lalu ambil kesimpulan dan langsung hapus.
Selang 4 jam statusnya muncul, dilike 700 dan di share 800, FB malah bertindak gegabah. Padahal saat ini sedang gencar-gencarnya kampanye covid. Pengalaman pasien covid sangat bermanfaat dan menjadi pelajaran bagi banyak orang, oleh FB malah dihapus.

Ia berjuang antara hidup dan mati selama dirawat dan akhirnya sembuh. Bagaimana perjuangan tenakes dalam bekerja. Inilah yang hendak dia bagi kepada khalayak. FB malah menilai sebaliknya.

Vinna yang dihubungi prokabar juga mengatakan kebingungannya.

Usai mengupload status, dia memang tak melihat lagi HP dan fokus beristirahat. Hingga akhirnya dihubungi seorang teman yang bertanya kenapa statusnya berubah menjadi tulisan this contents isn’t available, ia pun baru menyadari.

“Aneh saja. Tak ada juga form keberatan dalam facebook seperti layaknya suspend atau takedown,” ujar Vinna.

Sementara banyak warga yang menanyakan alasan tulisan itu dihapus. Sejumlah warganet bahkan mengapresiasi tulisan tersebut, karena dinilai memberi pemahaman sisi lain tentang covid 19.

“Tulisan ini menyadarkan saya kembali oentingnya protokol kesehatan,” ungkap salah satu netizen.(*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top