Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Polres Agam Turunkan 200 Orang Personil, Amankan Pilkada Serentak 2020

Dibaca : 90

Lubuk Basung, Prokabar — Kapolres Agam, AKBP. Dwi Nur Setiawan turunkan 200 orang personil untuk mengamankan dan mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Kabupaten Agam. Hal itu disampaikan usai melaksanakan Apel Gabungan Peralihan Personil ke 625 TPS, Senin (7/12).

“Kita baru saja melaksanakan Apel Pergeseran Personil Polri dalam rangka pengamanan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. Memastikan kesiapan personil untuk mengamankan setiap TPS di seluruh Kecamatan di Kabupaten Agam,” ungkap Kapolres Agam, AKBP Dwi Nur Setiawan, kepada Prokabar.com, usai pelaksanaan Apel di halaman Mako Polres Agam, Senin (7/12).

Ia mengatakan Polres Agam telah siap untuk mensukseskan dengan pengamanan, dalam setiap proses tahapan pemilu. Sebanyak 210 personil telah mulai melakukan pengamanan, sesuai wilayah tugas yang telah diberikan.

Namun pada Pemilu kali ini cukup berbeda dibanding tahun sebelumnya. Adanya pandemi Covid-19, menambah 12 poin aturan baru dalam pelaksanaan Pilkada 2020. Dan semua pihak harus tetap taat mematuhi protokol kesehatan covid-19.

“Ada 12 poin aturan baru di saat pandemi covid-19 di tahun 2020. Seperti beberapa aturan protokol kesehatan berupa menggunakan masker, penyediaan cuci tangan, membawa pena sendiri dan mengukur suhu tubuh,” tuturnya.

Di saat pengukuran suhu tubuh salah seorang pemilih yang datang ke TPS, terdapat memiliki suhu lebih 37 derajat celcius maka petugas TPS harus menyediakan bilik khusus untuk mencegah penyebaran covid-19.

“Kita berharap tidak ada klaster baru di saat penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 ini. Termasuk adanya konflik. Dan sejauh ini kita belum menemukan tanda-tanda kerawanan yang signifikan. Namun kita harus waspada dari segala kemungkinan yang terjadi di lapangan. Untuk itu, seluruh penyelenggara, pengawas, pemerintah bersama aparat keamanan berkoordinasi dengan baik,” tutup Kapolres Agam. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top