Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Polres Agam Terus Mendata, Salurkan Bantuan Warga Prasejahtera

Dibaca : 162

Lubuk Basung, Prokabar — Kehidupan yang terus dilanda berbagai kesulitan, membuat masyarakat prasejahtera semakin terjepit. Berbagai tekanan hidup terus dilalui untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.

Selain persoalan krisis ekonomi, sosial dan budaya, kinj ditambah dengan musibah kesehatan nasional, wabah Covid 19. Parahnya, musibah tersebut tidak hanya dialami di Indonesia saja, bahkan sudah menjadi ancaman berbagai negara di dunia.

“Jelas persoalan ini berdampak buruk kepada seluruh komponen kehidupan masyarakat kita secara luas. Bagi kita dengan profesi yang masih mampuni, tentu masih bisa bertahan dengan baik. Namun akan berbeda dengan masyarakat kita dengan sumber penghidupan terendah. Mereka sepertinya terus mengalami tekanan hidup yang semakin buruk,” terang Wakil Kepala Polres Agam, Kompol Nasir, kepada Prokabar.com, saat menyerahkan bantuan Polres Agam Peduli kepada masyarakat prasejahtera di beberapa lokasi, Jumat (24/4) siang.

Ia melanjutkan, berdasarkan pendataan dan informasi di lapangan, melalui jajaran Babinkamtipmas Polres Agam banyak mendapati sejumlah masyarakat yang mengalami kesulitan hidup. Terutama memenuhi kebutuhan pokoknya.

Bantuan diserahkan kepada sejumlah anak yatim piatu, ibu-ibu tidak lagi memiliki suami atau janda, mantan purnawirawan serta keluarga prasejahtera lainnya.

“Belum lagi berbicara memenuhi kebutuhan sekunder berupa rumah yang layak, untuk memenuhi makan saja sudah sangat sulit mereka. Dan ternyata masih banyak yang demikian. Informasi ini berdasarkan data anggota Babinkamtipmas kita di lapangan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, sebagai pejabat publik yang memiliki kelebihan dan kemampuan materi, sudah semestinya untuk mengambil sikap arif dalam menyikapi persoalan ini. “Dan kami dari Jajaran Polres Agam, menghimpun dan mengumpulkan kemampuan dari segala dan upaya, untuk ikut andil membantu pemerintah daerah. Menyalurkan bantuan, berupa bahan pokok makanan kepada keluarga prasejahtera tersebut,” tutur Kompol Nasir.

Sebelumnya, puluhan bahkan sudah ratusan paket telah kita salurkan dalam kegiatan Bakti Sosial Polres Agam, beberapa waktu lalu. “Setelah giat itu selesai secara serentak secara terpusat, bantuan masih banyak tersisa. Hal ini jelas akan terus kita tindaklanjuti, untuk menyalurkannya kepada masyarakat yang sangat membutuhkan,” imbuh Waka Polres itu.

Ada puluhan pakek lagi yang masih kita miliki. “Dan hari ini, akan kita tuntaskan sesuai data yang telah kita himpun dari Babinkamtipmas kita. Sebagaiannya, kita serahkan sendiri. Sebagian lainnya kita serahkan kepada Babinkamtipmas Polres Agam, untuk dibagikan langsung,” jelasnya.

Kita berharap lanjut Kompol Nasir, kepedulian ini dapat mendorong dermawan lainnya untuk berbuat. Sudah saatnya menunjukan rasa peduli sesama. Sebagai makluk sosial yang saling membutuhkan, rasa dan karsa itu patut kita bangkitkan. Terutama bencana nasional yang sedang dialami negara ini.

“Saatnya mencurahkan segala kemampuan itu untuk membantu kepada orang yang membutuhkan. Mari kita peduli kepada sesama. Kami berharap, bantuan kebutuhan pokok tersebut dapat meringankan tekanan hidup masyarakat itu. Walau hanya berbentuk sementara, setidaknya itu mampu membuat mereka bertahan. Dan berfikir lebih untuk melanjutkan perjuangan hidup selanjutnya,” pungkas orang nomor dua di Polres Agam tersebut. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top