Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Daerah

Pipa Pansimas Rusak, Warga Batur Andalkan Distribusi Air Bersih

Tanah Datar, Prokabar — Pasca rusaknya bak kontrol air Pansimas di Jorong Batur Nagari Sungai Jambu, Kecamatan pariangan, Tanah Datar akibat terjangan air sungai malana beberapa hari lalu memutus kebutuhan air bersih masyarakat setempat. Saat ini, sebanyak 200 kepala keluarga hanya mengandalkan air bersih yang didistribusikan oleh PDAM Tirta Alami.

Wali Jorong Batur, Poni Zulheri mengatakan untuk kebutuhan air bersih, masyarakat sangat mengandalkan aliran air pansimas yang dibangun pada 2015 lalu. Pasca diterjang debit air sungai yang tinggi, kini masyarakat tidak lagi bisa menikmati air bersih untuk kebutuhan mereka sehari hari.

“Ini rusaknya akibat air sungai malana yang besar pak. Pipanya sudah berserak diatas (sumber air). Bak kontrolnya tertimbun, jadi memutus aliran air ke rumah rumah warga,” ujar Wali Jorong.

Agar warga bisa kembali menikmati air bersih, warga setempat juga telah melakukan pembersihan terhadap bak kontrol yang rusak itu. Hasilnya, baru sebagian rumah yang bisa terairi.

“Baru sebagian air yang mengalir kerumah warga itupun airnya tidak layak untuk diminum dan mandi. air yang mengalir saat ini keruh pak,” ucapnya lagi.

Sementara itu, bekerja sama dengan pemerintah kabupaten, Wahyu IP balon Bupati Tanah Datar periode 2021-2026 mendistribusikan air bersih kepada masyarakat setempat. Air bersih yang didistribusikan dijadwal pagi dan sore masing masing satu tangki mobil.

“Harapan kita dalam beberapa hari kedepan air bersih bisa mengalir kerumah rumah warga. Ini cobaan bagi kita, dan tidak harus kita sesali,” ucapnya.

Wahyu IP juga memuji sifat kegotoroyongan masyarakat Batur yang secara swadaya lansung membersihkan bak kontrol yang rusak. Selain itu, kerjasama forkopimca Pariangan yang tanggap akan musibah ini diapresiasi Wahyu IP, sehingga air bisa mengalir dengan cepat kesebagian rumah warga, meski kondisi air belum bisa untuk dikonsumsi.

“Tanggap pemerintah nagari, kecamatan, koramil dan polsek, serta satgas nagari patut kita apresiasi. Luar biasa, dalam waktu singkat air bisa mengalir lagi,” tutup Wahyu IP.(eym)

Berani Komen Itu Baik

Tirto.ID
Loading...
To Top