Daerah

Pilgub Sumbar Bakal Seru, Sejumlah Tokoh Minta Irjen Pol Fakhrizal Maju

Payakumbuh, Prokabar – Pemilihan Gubernur Sumatera Barat 2020 mendatang dipastikan akan berlangsung seru.

Menyusul, dengan munculnya sejumlah nama yang digadang-gadang akan maju merebut Sumbar 1. Selain Nasrul Abit, Mahyeldi, Riza Falepi, Emma Yohana, Yuliandre Darwis, Mulyadi, Sutan Rizka dan beberapa nama lain, menguat pula nama Irjen Pol Fakhrizal, Kapolda Sumbar, tokoh kebanggaan Ranah Minang.

“Sumbar perlu dipimpin sosok berkharisma, tegas dan humanis. Ini cocok dengan sosok pak Fakhrizal,” kata Haji Desra, intelektual muda Luak Limopuluah, kepada Prokabar, Jum’at (7/6) di Rumah Doi Kafe, Payakumbuh.

Menurut Haji Desra, Sumbar rindu sosok gubernur yang tegas dan mampu mendorong pembangunan yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Banyak sumber daya alam sumbar yg belum tergarap maksimal baik dibidang perkebunan, pertanian dan pertambangan belum tergarap maksimal,” jelas Haji Desra.

Dikatakan pengusaha property dan peternak ayam itu, Sumatera Barat harus waspada kehilangan potensi ekonomi dari daerah tetangga yang selama ini dipasok oleh Sumbar.

“Salah satu contoh daerah Riau sekarang sudah banyak peternakan, pertanian tanaman pangan dan usaha perdagangan lainnya. Jika Sumbar tidak melakukan terobosan maka dampak ekonomi dan lapangan pekerjaan akan terkena imbasnya,” sambung Haji Desra.

Untuk itu, kata Desra, kedepan sumbar butuh sosok pemimpin yang visioner, tegas, dan berani mengambil kebijakan. “Sosok itu ada pada pak Fakhrizal. Kita objektif saja menilai. Selama menjabat Kapolda Sumbar, pak Fakhrizal tidak terdengar aneh-aneh. Tidak ada beking-bekingan lagi, ini kemajuan luar biasa,” kata Haji Desra.

Dia mengakui, kelemahan birokrasi pemerintahan saat ini ada pada eksekusi program dilapangan yang tidak sesuai dengan target atasan yang mengambil kebijakan.

“Menjawab persoalan ini, kami yakin sosok pak Fakhrizal mampu melakukan terobosan tersebut karena Polri /TNI jelas terkenal dengan disiplin kerjanya. Apalagi, pak Fakhrizal perwira tinggi senior. Beliau paham kondisi lapangan, apalagi Sumbar, kampung halamannya. Semoga Jendral kebanggaan kita ini berkenan maju di Pilgub,” demikian Haji Desra meminta.

Selain Haji Desra, sejumlah petani di Limapuluh Kota juga meminta, Fakhrizal
maju dalam Pilgub. “Taragak pulo kami, Jendral nan jadi Gubernur. Untuang-untuang, pak Fakhrizal lai namuah maju. (Kami pengen Jendral yang jadi Gubernur. Mudah-mudahan, pak Fakhrizal mau maju),” harapan petani di Selatan Limapuluh Kota.

PEDULI
Sosok Kapolda Fakhrizal, dinilai sangat peduli dengan persoalan kemanusiaan. Awal menjadi Kapolda, Fakhrizal muncul di Limapuluh Kota saat kawasan Pangkalan Koto Baru dihantam banjir luar biasa. Bahkan, Kapolda memimpin evakuasi korban yang tewas di dalam jurang di jalur Sumbar-Riau.

Beberapa peristiwa bencana, tidak luput dia bantu secara moril dan materil. Termasuk musibah longsor di Lintau, Tanah Datar. Kapolda juga dinilai peduli, dengan dunia olahraga dan kepemudaan. Beberapa ivent olahraga, baik bola kaki, volli, tenis bahkan dayung, dia support habis-habis. (vbm)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top