Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Petani Di Data Sungai Pua Keluhkan Buruknya Akses Jalan, Hama Babi dan Tikus

Dibaca : 145

Agam, Prokabar — Herman (63) salah seorang petani Jorong Data Sungai Pua keluhkan hama babi dan tikus yang sering menyerang tanamanya. Kondisi tersebut membuat dia beserta ratusan petani lainnya di daerah itu merugi.

“Kebanyakan kami di daerah data lereng perbukitan ini bertani sawah, jagung, bawang perai atau daun bawang, beras merah dan sayur mayur lainnya. Akan tetapi banyaknya hama babi dan tikus, sering menyerang tanaman dan membuat kami merugi,” terangnya.

Meski demikian, kami tetap berusaha agar hewan liar itu tidak terus mengganggu. Seperti dengan cara tradisional dan meminta kepada Yang Maha Kuasa.

Di sini masuk Kenagarian Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam. Dan terdapat 4 perkampungan atau empat jorong. Pertama Jorong Sungai Pua Sungai Rangeh, Jorong Aia Gadang, Jorong Manti dan Jorong Simpang Dingin. Khusus Jorong Simpang Dingin, masuk ke Kenagarian Paninjauang, Kecamatan Tanjung Raya. Daerah perbatasan dengan kondisi paling pelosok.

“Sumber air bersih, Alhamdulillah cukup memenuhi kebutuhan hidup dan pertanian kami. Selain hama tikus dan hama babi, akses jalan juga sangat diharapkan untuk diperbaiki,” pungkas Petani Paroh Baya tersebut. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top