Daerah

Pessel Dilirik Untuk Memenuhi Kebutuhan Gabah di Sumbar

Pesisir Selatan, Prokabar — Sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi besar di sektor pertanian, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) tercatat sebagai pemasok kebutuhan beras untuk Sumatra Barat (Sumbar).

Kepala Dinas Pangan Pessel, Alfis Basyir mengatakan bahwa, Badan Usaha Logistik (Bulog) Sumbar tahun 2019 ini memiliki target membeli gabah petani Pessel sebanyak 10 ribu ton.

“Sebagai daerah penghasil gabah terbesar di Sumbar, Pessel dilirik oleh Bulog Sumbar, sebagai salah satu daerah untuk memenuhi kebutuhan gabahnya. Target serapanya sebesar 10 ribu ton di tahun 2019 ini,” katanya dilansir Prokabar dari MC Pessel, Selasa (1/10).

Dikatakan Alfis, untuk memenuhi kebutuhan pembelian gabah, atau beras kelas premium itu, Bulog Sumbar telah melakukan kerja sama dengan tiga Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di daerah itu.

“Saya berharap melalui kerja sama pembelian gabah ini, kesejahteraan petani akan semakin meningkat lagi,” ungkap dia.

Lebih jauh dijelaskan bahwa Pessel memiliki dua varietas padi unggulan. Dua varietas unggulan itu di antaranya, Rajo Pasisie dan Cisokan Kubang. Bila dua varietas itu dikelola dan dipasarkan dengan baik, maka akan bisa menyaingi beras lokal kabupaten lainnya di Sumbar.

“Dari itu saya berharap kepada Bulog juga dapat membantu petani dalam memasarkan beras unggulan tersebut, agar ekonomi petani Pessel semakin meningkat lagi,” tutup dia. (*/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top