Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Pesona Keindahan Bunga Rafflesia yang Tumbuh Di Batang Pohon Tanjung Raya

Dibaca : 375

Paninjauan, Prokabar — Setelah seminggu lebih bersandar dan tumbuh, akhirnya Rafflesia Arnoldi itu mekar di batang pohon di kawasan Perkebunan Masyarakat di Jorong Simpang Dingin, Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, Jumat (24/1). Tanaman langka itu sudah mekar sejak dua hari lalu.

Rafflesia merupakan sejenis jamur raksasa dan sangat langka. Sehingga masuk dalam pengawasan Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA serta dilindungi Undang-undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

“Bunga itu mekar karena inangnya berupa akar jenis tumbuhan tetrastigma seperti yang menjalar dan melilit batang pohon. Kemudian knop bunga Rafflesia muncul di akar yang melilit dan naik dari atas tanah. Ketinggian bunga 170 cm dari permukaan tanah,” ungkap Ade Putra, Pengendali Ekosistem Hutan (P-E-H) BKSDA Resor Agam kepada Prokabar.com, Jumat (24/1).

Tumbuh dan kembang di atas pohon ini salah satu keunikan tersendiri. Sangat indah dan membuat daya tarik tersendiri bagi wisawatan untuk melihatnya. Sehingga banyak orang berdatangan ke lokasi tersebut.

“Rafflesia tumbuh di sebuah pohon juga pernah saya temukan di Palupuh. Namun untuk di wilayah Agam Barat, baru kali ini saya temukan,” terangnya.

Diameter Rafflesia tersebut mencapai 95.2 centimeter. Dan cukup besar untuk tumbuh subur dibatas pohon.

“Di lokasi, saya kebetulan bertemu dengan Rinaldi. Salah seorang Anggota DPRD Provinsi Sumatra Barat yang juga kampung halamannya. Dalam diskusi, ia dan masyarakat ingin sekali mengembangkan destinasi wisata Rafflesia,” tuturnya.

Ade melanjutkan akan ada diskusi lanjutan dengan beliau. Berencana akan mengembangan potensi tersebut bersama BKSDA terutama peningkatan akses jalan ke lokasi.

“Masyarakat sangat ramai ke lokasi. Bahkan sampai jam 17.30 masih ada yang berdatang. Termasuk itu rencananya, akan membuat paket wisata Lawang, Bukit Sakura, dan Data Simpang Dingin,” pungkasnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top