Trending | News | Daerah | Covid-19

Lifestyle

Permudah Sedekah, Sahabat Yatim Indonesia Luncurkan Kode QR Bank Syariah Mandiri (BSM)

Dibaca : 413

Jakarta, Prokabar – Perkembangan teknologi perbankan semakin mempermudah nasabah dalam bertransaksi secara online. Hanya dalam satu perangkat (gadget), layanan perbankan bisa diakses secara mudah.

Produk layanan perbankan seperti kode QR (quick response), jadi pembayaran digital yang kini dirasakan manfaatnya. Tidak hanya untuk layanan pembayaran saja, bersedekah pun bisa melalui teknologi ini.

Kemudahan inilah yang kemudian diambil manfaatnya oleh Sahabat Yatim Indonesia. Sebuah lembaga siosial yang berfokus pada pemberdayaan anak yatim dan dhuafa meluncurkan kode QR bagi donatur.

Bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri (BSM), Sahabat Yatim Indonesia ingin memudahkan donatur untuk bersedekah. “Peluncuran kode QR ini harapan kami bisa memudahkan para donatur bersedekah secara aman,” jelas M Nur Fadilah selaku Direktur Pelayanan Operasional Sahabat Yatim Indonesia.

Saat ditemui Prokabar.com di kantornya di bilangan Graha Raya, Tangerang Selatan, pria yang akrab disapa Fadil ini menjelaskan tentang keberadaan Sahabat Yatim di seluruh Indonesia. Terhitung 27 cabang yang tersebar di wilayah Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

“Alhamdulilah sejak berdirinya Sahabat Yatim 2009 lalu sudah ada ribuan anak yatim piatu dan kaum dhuafa yang terbantu. Semuanya itu berasal dari donatur,” ungkap Fadil, Jum’at (14/2).

Sebagai bank yang dipilih menyediakan kode QR, Bank Syariah Mandiri melakukan sosialisasi kepada pengurus Sahabat Yatim Indonesia.

“Sebelum peluncuran kode QR ini kami melakukan sosialisasi terlebih dahulu. Bagaimana tata cara transaksi melalui kode QR, agar bisa disampaikan pada donatur,” aku Hermawan selaku Ritel Banking Relation Manager BSM.

Menurut Hermawan, kode QR sebagai pengganti nomor rekening sangat mudah digunakan bagi nasabah. Tidak hanya melalui mobile banking saja, pembayaran digital seperti Gopay atau Ovo pun bisa dipakai untuk bersedekah.

“Jadi tidak hanya melalui satu bank saja, pembayaran digital seperti Gopay dan Ovo juga bisa bersedekah,” jelasnya.

Bagi donatur yang ingin bersedekah melalui kode QR Sahabat Yatim Indonesia, tidak ada batasan minimal. “Bisa dibilang satu rupiah pun bisa disedekah kan tanpa batasan maksimal. Produk ini sangat mudah dioperasikan dan aman sekali,” sebut Hermawan.

Dana yang terkumpul di Sahabat Yatim Indonesia dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan anak yatim piatu dan kaum dhuafa. “Dana dari donatur kita kelola untuk santuni anak yatim, pendidikan dan asrama,” jelas Fadil.

Sebagian donasi pun digunakan untuk pembangunan sarana pendidikan seperti pesantren penghafal Al Quran (tahfidz) di Rumpin, Bogor.

“Semua anak yatim piatu kita sekolahkan hingga tingkat atas. Kita punya sekolah dan pesantren. Mudah mudahan dengan teknologi perbankan ini, para donatur dari kaum milenial turut berpartisipasi,” harap Fadil. (beb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top