Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Daerah

Permudah Masyarakat Bayar Pajak, Ini Upaya Samsat Lubuk Sikaping

Dibaca : 112

Pasaman, Prokabar — Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Lubuk Sikaping, jemput bola ke tengah masyarakat.

Melalui mobil operasional yang dipersiapkan, pelayanan seputar kinerja Samsat sampai ke kecamatan dalam wilayah Kabupaten Pasaman.

“Upaya ini diharapkan dapat mempermudah wajib pajak yang ada di kecamatan untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotornya tanpa harus pergi ke Lubuk Sikaping,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Pendapatan Daerah Lubuk Sikaping, Reflis, didampingi Plt. Kasi Penetapan Penerimaan, Wirdawati, Jumat (13/3) di kantornya.

Dijelaskan Reflis, Kabupaten Pasaman memiliki rentang kendala tersendiri dalam hal pembayaran pajak kendaraan. Salah satunya terkondisi akibat wilayah Pasaman yang begitu luas, dengan sebaran penduduk hingga ke pelosok- pelosok daerah.

Kendala di masyarakat selama ini terutama yang berada di Kecamatan Mapattunggul, Rao Utara, Rao Selatan, Dua Koto, dan Kecamatan Tigo Nagari. Warga di beberapa kecamatan ini cukup berjuang untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan ke Lubuk Sikaping.

” Selain masalah biaya dan transportasi, juga persoalan waktu. Karena untuk ke Lubuk Sikaping dari beberapa kecamatan jauh tersebut, biasanya akan menghabiskan waktu hingga satu hari penuh,” kata Reflis.

“Untuk itulah, demi menciptakan pendekatan pelayanan, kami melaksanakan sistem jemput bola ke sejumlah kecamatan jauh, dengan jadwal yang sudah ditetapkan,” lanjut Reflis.

Jadwal yany dimaksud Reflis yakni, du Pasar Padang Gantiang, Kecamatan Tigo Nagari, hari Selasa, dan pasar Kumpulan, Kecamatan Bonjol pada hari Kamis.

Untuk Kecamatan Rao, yang sebelumnya pada setiap hari Sabtu, digeser ke hari Senin minggu ke dua di Gedung Serba Guna Rao, dan ditambah hari Rabu minggu ke dua di kantor Wali Nagari Lansek Kodok, plus pasar Kauman pada hari Jumat.

Dan pelayanan baru, juga dibuka di pasar Simpang Tonang Kecamatan Dua Koto.

Selain itu, juga dilaksanakan pelayanan Samsat Nagari di Kantor Wali Nagari Bahagia Padang Gelugur.

“Kendati samsat keliling ini bukanlah program baru lagi, namun dari waktu ke waktu akan terus kita lakukan penyempurnaan, serta diupayakan menambah jumlah titik pelayanan yang ada di kecamatan,” tukas Reflis. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top