Trending | News | Daerah | Covid-19

Nasional

Perkuat Pengawasan, KPID Sumbar Bimtek Tenaga Pemantau ke Pusat

Dibaca : 167

Jakarta, Prokabar — Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Barat melakukan bimbingan dan teknis (Bimtek) tenaga pemantau untuk meningkatkan kinerja pengawasan isi siaran kemudian juga mempelajari penggunaan alat pemantau.

“KPID Sumbar mendapatkan alat pemantau yang dianggarkan dari APBD Perubahan 2019, sehingga Bimtek di kantor KPI Pusat ini cukup diperlukan,” kata Koordinator Bidang Isi Siaran KPID Sumbar, Melani Friati di Jakarta, Senin (25/11) melalui siaran pers.

Dengan adanya alat pemantauan, ujarnya tentu akan meningkatkan kinerja dalam pengawasan siaran di daerah terutama konten lokal.

KPID Sumbar mempunyai data rekaman program siaran hingga memiliki alat bukti ketika ada temuan pelanggaran, selama ini pemantauan dilakukan secara manual dengan menonton langsung siaran.

“Melalui Bimtek ini ke depan diharapkan kinerja pemantau semakin meningkat, apalagi sudah ada alat penunjang,” kata dia.

Sementara Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo yang menyambut kedatangan KPID Sumbar mengatakan alat pemantau hanya fasilitas pendukung, tombak pengawasan tetap berada di mata dan telinga tenaga pemantau.

“Tidak ada mesin yang sepenuhnya dapat menggantikan tugas manusia, apalagi dalam konteks pengawasan isi siaran,” kata Mulyo.

Silahkan menggali ilmu di KPI Pusat sebanyak mungkin, lanjutnya agar terwujud siaran yang bersih dan bermanfaat bagi masyarakat.

Kegiatan Bimtek ini juga didampingi langsung oleh Wakil Ketua KPID Sumbar Yumi Ariyati dan Korbid PS2P Andres. (*/rel)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top