Daerah

Perdana, Upacara HUT RI di Istano Basa Pagaruyung

Tanah Datar, Prokabar – Upacara bendera 17 Agustus diselenggarakan di Istano Basa Pagaruyung. Upacara dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 ini juga perdana digelar di lingkungan sejarah peradaban Minangkabau itu.

Penyelenggaraan upacara HUT RI ke 73 ini merupakan rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri Sumatra Barat. Diiktui oleh perwakilan BUMN di Sumbar, dan pelajar asal Sulawesi Selatan yang tergabung dalam program Mengenal Nusantara. Inspektur upacara dipimpin oleh Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementrian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah. Meski berlangsung di lokasi wisata, namun pelaksanaan upacara berlansung dengan hidmat.

Dipelopori oleh PTBA dan BGR, pada kesempatan ini Kementrian BUMN juga menyerahkan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat senilai Rp4 miliar. Bantuan tersebut berupa beasiswa, bedah rumah, perbaikan sarana dan prasarana sekolah, bantuan elektrifikasi dan MCK, dan berbagai macam bantuan lainnya.

“Pendirian BUMN tidak hanya untuk mengejar keuntungan, melainkan juga turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada masyarakat,” ujar Deputi yang juga putra Nagari Rao Rao Tanah Datar

Sementara itu, direktur utama PTBA, Arvyan Arifin menyatakan jika dipilihnya Istano Basa Pagaruyung juga sebagai bentuk promosi pariwisata ke masyarakat luas. Terlebih, peserta upacara juga berasal dari provinsi lain, salah satunya peserta siswa mengenal nusantara.(eym)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top