Trending | News | Daerah | Covid-19

Budaya

Perdana, Silek Camp Festival Montain Singgalang Potensi Nagari Di X Koto

Dibaca : 539

Tanah Datar, Prokabar — Silek atau Silat merupakan seni beladiri asli Minangkabau dan sudah ada semenjak zaman dahulu yang diwariskan turun temurun. Untuk melestarikan silek, berbagai upaya pun dilakukan, baik oleh kelompok, maupun pemerintah daerah.

Di Gantiang Nagari Singgalang Kecamatan X Koto, silek dilestarikan melalui sebuah festival yang bertajuk Silek Camp Festival Mountain Singgalang 2020. R. Sutan Panghulu selaku panitia pelaksana menyampaikan, Silek Camp Festival baru pertama dilaksanakan dan bertujuan untuk menumbuh kembangkan seni tradisi silek bagi generasi muda, khususnya di nagari Singgalang.

” pelaksanaan Silek Camp Festival dilaksanakan selama dua hari, 7 dan 8 Maret 2020. Rencananya, festifal ini akan diikuti 300 orang pesilat dari berbagai perguruan silat,” katanya.

Ia menambahkan, pelaksanaan kegiatan ini juga diharapkan bisa mempromosikan potensi wisata nagari Singgalang ke masyrakat luas.

“Kita mempunyai potensi wisata seperti Batang Aie Duo yang aliran airnya menuju air terjun Lembah Anai, kemudian puncak Sikadunduang yang dinamakan puncak negeri atas awan dan banyak lainnya,” ujar R Sutan Panghulu.

Semetara itu, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma mengatakan, disamping pelestarian budaya dan tradisi, Silek Camp Festival juga bisa menjadi wadah positif bagi generasi muda untuk terhindar dari kegiatan sosial yng negatif, seperti narkoba, LGBT, pergaulan bebas dan lainnya.

Wabup Zuldafri Darma, berharap melalui festival ini akan tercipta generasi muda yang sehat dan tangguh serta beriman kepada Allah SWT.

“Karena tradisi Silek mempunyai banyak manfaat, mari kita lestarikan dan dukung kegiatan di Singgalang ini, semoga selanjutnya ada nagari lain di Tanah Datar lakukan kegiatan serupa,” ujar Wabup.

Dalam festival ini juga diberikan gelar kehormatan Pandeka Rajo Nan Sati kepada Kapolres Padang Panjang AKBP. Sugeng Haryadi. Gelar kehormatan itu diberikan lansung oleh Tengku Irwansyah Dt. Katumangguangan Pucuak Bulek Alam Minangkabau. (eym)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top