Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Peran Pemuda Dalam Perekonomian Pariaman Selama Pandemi

Dibaca : 114

Pariaman, Prokabar — Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit mengatakan pemuda berperan besar untuk membangkitkan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

“Pemuda di Pariaman tidak saja menjadi pelaku usaha kecil menengah (UMKM) namun juga bergerak di bidang jasa dan media sosial untuk menjual dan mempromosikan usaha,” katanya dilansir Prokabar dari MC Pariaman, Jumat (30/10)

Ia mengatakan setidaknya pemuda yang menjadi pelaku UMKM dengan berbagai bidang usaha di Pariaman mencapai 2.500 orang dari 7.839 pelaku UMKM di daerah itu.

Adapun bidang usaha yang dijalankan oleh pemuda di Pariaman yaitu di antaranya kuliner dan fesyen.

Pelaku usaha tersebut tidak saja menjual secara konvensional namun juga secara daring yang hal itu justru mendukung transaksi jual beli pada masa pandemi. “Hal itu juga dukung oleh jasa pengantaran barang lokal yang juga pemuda,” katanya.

Selain itu, pemuda yang bergerak di bidang media sosial juga ikut mempromosikan usaha pelaku UMKM di Pariaman sehingga produk yang dibuat diketahui oleh masyarakat luas.

Bahkan, banyak pemuda di Pariaman yang membuat ‘marketplace’ dengan tujuan untuk menjual produk baik yang diproduksinya secara mandiri maupun dari pelaku usaha lainnya.

Ia menyampaikan sebelum pandemi pihaknya telah membentuk rumah kreatif guna melatih pemuda di Pariaman untuk menjadi pelaku usaha dengan memanfaatkan teknologi informasi.

“Namun hal itu belum berjalan maksimal karena pandemi, padahal kami sudah mengagendakan sejumlah pelatihan,” ujarnya.

Ia menambahkan pasca diterapkan normal baru perekonomian di Pariaman sudah mulai membaik namun pihaknya tetap meminta warga di daerah itu untuk menerapkan protokol kesehatan guna menekan penyebaran Covid-19. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top