Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Daerah

Peran Aktif ASN Agam dalam Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Agam, Prokabar — Staf Ahli Bupati Agam Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, Isman Imran, mengajak ASN untuk berperan aktif dalam menyukseskan Sensus Penduduk 2020 dengan metode kombinasi atau sistem online.

Ia menjelaskan, Sensus Penduduk metode kombinasi adalah metode yang menggunakan data administrasi kependudukan dari Dinas Dukcapil sebagai sumber utama dengan mengandalkan sensus mandiri melalui website sebagai moda pendataan kemandirian.

“Jadi, pada tahun 2020 Sensus Penduduk dilakukan secara online dan mandiri. Oleh sebab itu, kita sangat membutuhkan peran ASN dalam mensosialisasikannya terutama kepada kerabat dan tetangganya,” pinta Isman dilansir Prokabar dari MC Agam, Senin (16/12).

Tujuan dari Sensus Penduduk 2020 adalah menghasilkan singel data menuju program Satu Data Kependudukan Indonesia. Dengan begitu, tidak ada lagi perbedaan data antara BPS dengan Kementerian Dalam Negeri atau Dinas Dukcapil.

“Kami juga minta kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Agam untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan sensus mandiri secara online. Terutama peran aktif dari perangkat nagari atau jorong,”imbuhnya.

Pada kesempatan terpisah, Staf TU BPS Kabupaten Agam, Yetrizal saat dikonfirmasi via ponsel, mengatakan, Sensus Penduduk 2020 terbagi ke dalam dua tahap.

Tahap pertama sensus mandiri secara online dijadwalkan Februari-Maret 2020. “Masyarakat bisa mendaftar secara online melalui alamat website https://sensus.bps.go.id,”tuturnya.

Tahap ke-dua, sensus dilakukan oleh petugas dengan mendatangi masyarakat dari rumah ke rumah atau door to door.

Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung pada Juni-Juli 2020 itu sekaligus mewadahi masyarakat yang belum memasukkan datanya secara mandiri melalui website. (*)

Berani Komen Itu Baik

Tirto.ID
Loading...
To Top