Daerah

Penyusunan Masterplan Smart City Kota Padang Masuk Tahap ke Tiga

Dibaca : 364

Padang, Prokabar — Pemerintah kota Padang bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) menggelar Bimbingan Teknis Penyusunan atau Review Masterplan Masterplan Smart City dan Quick Win Program Tahap 3 di Ruang serba guna Bagindo Aziz Chan, Selasa (18/9).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang, Suardi mengatakan Bimtek ini merupakan lanjutan dari  serangkaian bimtek yang telah dilakukan pada tahap I dan II beberapa waktu lalu, yang pada tahun ini dilaksanakan sebanyak IV tahap.

“Bimtek pertama lalu menyusun kerangkan dari smart city dan dijabarkan pada bimtek ke dua, lalu bimtek ketiga memantapkan kerangka juga menentukan kemana padang dengan Smart City nya,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, persiapan Padang menuju Smarta City sudah cukup jauh mulai dari infrastruktur yang telah terhubung ke masing-masing OPD dan Puskemas di Kota Padang. “ Ada 20 aplikasi yang kita manfaatkan dan terintegrasi bersamaan, yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat,” sambungnya.

Sedangkan untuk SDM-nya,  pemerintah telah melaksanakan pelatihan-pelatihan, dan juga didukung perguruan tinggi. Namun, jika Bimtek Penyusunan/ Review Master Plan Smart City dan Quick Win ini diikuti utusan bergantian orangnya, hal ini yang akan menjadi persoalan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Smart city artinya konsep kota pintar, dengan tersedianya kemudahan dalam pelayanan kepada warga kota. Dalam penerapannya, smart city harus didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi.

Pada Bimtek Penyusunan/ Review Master Plan Smart City dan Quick Win  tahap IIi, narasumber masih Andrari Grahitandaru dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Mella dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI. (hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top