Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Penyandang Disabilitas di Tanah Datar Terima Bantuan Dampak Covid

Dibaca : 218

Tanah Datar, Prokabar — Sebanyak 73 orang warga dan 43 orang penyandang disabilitas di Kecamatan Sungayang, telah menerima bantuan Perluasan Sembako yang berasal dari Kementerian Sosial RI.

Bantuan ini dibagi menjadi dua, yang pertama bantuan pangan non tunai (BPNT) diberikan kepada 73 orang warga yang terdampak Covid-19 dan bantuan langsung yang diberikan kepada 43 orang penyandang disabilitas senilai masing-masing Rp2.000.000.

Mnurut salah seorang pendamping program sembako dari Dinas Sosial Kabupaten Tanah Datar untuk wilayah kecamatan Sungayang Yofimatira, bantuan ini merupakan bantuan perluasan program sembako tahap 2 terdampak Covid-19.

Untuk bantuan yang diberikan kepada 73 orang warga ini nilainya Rp200.000/bulan, namun bantuan ini hanya boleh dipergunakan untuk kebutuhan sembako seperti karbohidrat, protein hewani, protein nabati, vitamin dan mineral dan tidak boleh dimanfaatkan untuk kebutuhan yang lain.

Tempatnya pun sudah ditentukan yakni di warung yang telah ditunjuk sebagai penyalur sembako dan sudah ada di tiap-tiap nagari. Selain bantuan senilai Rp200.000/bulan tersebut juga menerima bantuan tunai senilai Rp500.000/orang.

Namun bantuan tunai ini hanya diberikan satu kali saja dan kegunaannya juga tidak ditentukan seperti bantuan yang diberikan setiap bulannya.

Selain itu, menurut Yofimatira bantuan sembako ini cuma akan diberikan sampai bulan Desember 2020 ini, dan ini sudah ditentukan dari Kementerian Sosial RI.

Sementara Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, berpesan kepada warga yang menerima bantuan agar bisa memanfaatkannya secara bijak bantuan yang diperoleh.

“Saat ini kita masih dalam masa pandemi, kita juga tidak tahu wabah ini kapan akan berakhir. Untuk itu ia berharap kepada bapak dan ibu untuk bisa memanfaatkan bantuan ini sebaik mungkin, dan mari kita syukuri apa yang kita dapatkan,” ungkapnya dilansir Prokabar, Sabtu (29/8).

Dirinya juga mengingatkan agar warga selalu menegakkan protokol kesehatan di manapun berada, hal ini agar bisa dengan segera untuk memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19.

“Untuk saat ini, kapanpun dan di manapun kita harus selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan jangan lupa upayakan sering mencuci tangan demi kebersihan dan kesehatan kita,” tambahnya lagi.

Wabup juga tak lupa mengingatkan seluruh masyarakat agar ikut mensukseskan pilkada serentak yang akan digelar pada Desember mendatang.

Tidak lama lagi kita akan menyelenggarakan pesta demokrasi, yakni pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati dan Wali Kota, untuk itu mari kita sukseskan bersama.

“Jadikanlah pilkada ini sebagai perekat dan pemersatu di tengah-tengah kehidupan masyarakat jangan malah sebaliknya, dan gunakanlah hak pilih kita secara bijak,” pesan Wabup. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top